KPU Kota Kendari Beberkan Persiapan Logistik Pemilu 2024

Fadli Ansar, telisik indonesia
Senin, 08 Januari 2024
0 dilihat
KPU Kota Kendari Beberkan Persiapan Logistik Pemilu 2024
Proses pelipatan dan penyortiran surat suara dengan pengamanan ketat dari aparat kepolisian. Foto: Fadli Ansar/Telisik

" Persiapan logistik pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari memasuki tahap penyortiran dan pelipatan dan surat suara "

KENDARI, TELISIK.ID - Persiapan logistik pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari memasuki tahap penyortiran dan pelipatan dan surat suara.

Persiapan logistik ini dalam rangka menyukseskan Pemilihan Umum 2024 pada bulan Februari mendatang.

Menurut Ketua KPU Kota Kendari, Jumhal Saleh, persiapan logistik pemilu terbilang lancar. Pengadaan tahap pertama telah disimpan dan diamankan di gudang logistik KPU Kota Kendari.

"Alhamdulillah mayoritas logistik sudah berada di gudang KPU Kota Kendari.

Baca Juga: Soal Fasilitas Pemilu Penyandang Disabilitas, Ini Tanggapan KPU Sulawesi Tenggara

Logistik pengadaan tahap pertama meliputi kotak, bilik, tinta, segel plastik dan kertas semua sudah terpenuhi dan sementara dalam pengelolaan," kata Jumwal, Senin (8/1/2024).

Sementara itu, logistik tahap kedua juga telah diterima oleh KPU Kota Kendari. Logistik yang meliputi surat suara, formulir dan alat perlengkapan pemungutan suara juga telah diterima dan diamankan oleh KPU Kota Kendari.

"Logistik tahap II meliputi surat suara, formulir, dan alat kelengkapan pemungutan suara juga sudah tiba di gudang KPU Kota Kendari," lanjutnya.

Persiapan yang sedang dilakukan oleh KPU Kota Kendari saat ini adalah penyortiran dan pelipatan surat suara. Setidaknya ada 1.225.801 yang akan dilipat dari lima jenis pemilihan, yaitu surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, surat suara pemilihan anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota Kendari.

Baca Juga: Mahasiswa di Kendari Siap Partisipasi Kawal Pemilu Damai

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara dimulai dari tanggal 6 Januari dan diestimasikan selesai pada tanggal 15 Januari 2024. Adapun tenaga pelipat suara merupakan warga Kota Kendari dari berbagai latar belakang, seperti ibu rumah tangga, pemuda, hingga mahasiswa.

"Dimulai dari hari Sabtu kemarin dan harus selesai sebelum tanggal 15. Untuk pelipatnya sampai seratus lebih orang untuk hari ini," ungkap salah seorang staf KPU Kota Kendari di gudang logistik KPU Kota Kendari.

Dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara, diawasi oleh komisioner dan pegawai KPU. Salain itu, terdapat juga pengawasan dari Bawaslu Kota Kendari dan pengamanan dari Polres Kota Kendari. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kecurangan pemilu. (B)

Penulis: Fadli Ansar

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga