KPU Sultra Ikuti Bimtek Jelang Pilkada

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 05 Maret 2020
0 dilihat
KPU Sultra Ikuti Bimtek Jelang Pilkada
Ketua KPU RI Arief Budiman saat membuka Bimtek ditandai dengan pemukulan gong. Foto: Istimewa

" Sebagai upaya pembuktian tersebut, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh KPU provinsi/kabupaten/kota khususnya yang menyelenggarakan pemilihan tahun 2020, yaitu bekerja transparan, menjaga integritas dan bekerja profesional. "

KENDARI, TELISIK.ID - KPU Sultra menghadiri undangan KPU RI untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) lanjutan pencalonan dan aplikasi SILON dalam pemilihan tahun 2020.

Keikutsertaan KPU Sultra karena terdapat 7 kabupaten di wilayah kerjanya yang menyelenggarakan pemilihan bupati dan wakil bupati.

Merujuk pada undangan KPU RI Nomor 126/PP.06-Und/06/KPU/II/2020 tersebut, pada Bimtek dimaksud KPU Provinsi Sulawesi Tenggara masing-masing diwakili oleh Iwan Rompo Banne (anggota KPU Prov Sultra/Kordiv Teknis Penyelenggara),  Samsu Agusdar (Kasubag Teknis & Hupmas) dan Hatmawati (Operator SILON).

Baca Juga : Antisipasi Virus Corona, DPRD Kolut Panggil Dinas Terkait

Bimtek yang dilaksanakan di Kabupaten Simalungun - Sumatera Utara, dimulai sejak tanggal 4 s.d 7 Maret 2020 dibuka secara resmi oleh Ketua KPU RI Arief Budiman didampingi anggota KPU RI dan Jajaran sekretariat jenderal KPU RI.

Dalam sambutannya, Arief Budiman menyampaikan kepada peserta bimtek bahwa pemilihan tahun 2020 merupakan kesempatan bagi KPU untuk membuktikan kepada publik bahwa KPU secara kelembagaan telah bekerja profesional dan mandiri serta tanpa ada intervensi dari pihak manapun.

"Sebagai upaya pembuktian tersebut, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh KPU provinsi/kabupaten/kota khususnya yang menyelenggarakan pemilihan tahun 2020, yaitu bekerja transparan, menjaga integritas dan bekerja profesional," ujar Arief Budiman, Rabu (4/3/2020).

Baca Juga : Ubah Haluan, Perindo Final Dukung Siska di Pilwawali

Ketiga hal tersebut tidak hanya harus dilakukan oleh komisioner tetapi juga wajib bagi jajaran sekretariat KPU.

"Penggunaan aplikasi SILON pada tahapan pencalonan merupakan salah satu wujud profesional dan transparansi kita dalam melaksanakan tahapan," jelas Arief.

Mengakhiri sambutannya, Ketua Arief Budiman secara resmi membuka acara bimbingan teknis dengan ditandai dengan pemukulan gong.

Baca Juga : KPU Muna Masih Butuh Rp 1,2 M

Reporter: Musdar
Editor: Rani

Baca Juga