Kunker Pangdam Tertutup, Dandim 1416 Muna Tegaskan Tidak Ada Kaitan dengan Politik

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 28 Mei 2021
0 dilihat
Kunker Pangdam Tertutup, Dandim 1416 Muna Tegaskan Tidak Ada Kaitan dengan Politik
Dandim 1416 Muna, Letkol Arm Andi Akbar. Foto: Sunaryo/Telisik

" Ini hanya miskomunikasi saja. Memang, pertemuan kemarin (Senin) bersifat tertutup, hanya untuk TNI dan Forkopimda. "

MUNA, TELISIK.ID - Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI M. Syafei Kasno melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Muna, Kamis (27/5/2021). Namun, kunker perdana pengganti Mayjen TNI Andi Sumangerukka itu tertutup. Bahkan, media massa pun dilarang meliput.

Pangdam yang tiba di Muna menggunakan helikopter dengan pengawalan VVIP menuju Kodim 1416 Muna. Setelah itu dilanjutkan dengan silahturahmi bersama Wakil Bupati Muna, Abdul Malik Ditu, Bupati Muna Barat (Mubar), Achmad Lamani dan Forkopimda di Rujab Bupati Muna.

Silahturahmi itu pun dilakukan secara tertutup. Beberapa awak media yang coba meliput dihadang oleh prajurit TNI yang menenteng senjata. Opini pun berkembang bahwa pertemuan Pangdam dengan Forkopimda ada kaitannya dengan suksesi politik 2024 mendatang.

Dandim 1416 Muna, Letkol Arm Andi Akbar menampik isu tersebut.  Andi menegaskan, kedatangan Pangdam di Muna sama sekali tidak ada kaitannya dengan politik.

"Tidak benar itu (misi politik). Kunjungan Pangdam hanya untuk bersilahturahmi dengan Forkopimda, sebagai pejabat baru," tegas Andi, Jumat (28/5/2021).

Persoalan wartawan dilarang meliput, dikarenakan pertemuan itu bersifat internal. Kemudian, ada kebijakan terkait pertahanan TNI yang tidak bisa diserbarluaskan pada publik. Bila ada yang akan disampaikan, nanti bagian penerangan yang akan membagikan rilis.

"Ini hanya miskomunikasi saja. Memang, pertemuan kemarin (Senin) bersifat tertutup, hanya untuk TNI dan Forkopimda," sebutnya.

Baca juga: PDIP dan Gerindra CLBK, Benarkah Prabowo-Puan Bakal Duet di Pilpres 2024?

Baca juga: PKS-Demokrat Sultra Dukung Komitmen DPP Berada di Luar Pemerintahan

Sementara itu, Kapenrem 143/HO Letda Inf Rusmin Ismail mengatakan, sebelum kunjungan ke Kodim 1416 Muna, Pangdam telah mengunjungi satuan jajaran di wilayah Buton yaitu Kodim 1429 Butur, Kodim 1413 Buton dan  Kompi A Yonif 725 Woroagi.

"Kunker seperti ini lumrah dilaksanakan para pejabat baru, seperti halnya Mayjen TNI M. Syafei Kasno yang menggantikan Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka sebagai Pangdam XIV/Hsn," kata Rusmin.

Rusmin menerangkan, agenda Pangdam adalah hanya silahturahmi dan tatap muka dengan anggota jajaran TNI di Kodim, termasuk Forkopimda masing-masing daerah.

"Karena masih pandemi COVID-19, maka  kegiatan silaturahmi  dilaksanakan dengan protokol kesehatan dan terbatas," imbuhnya.

Dalam pertemuan itu tidak ada pembicaraan yang bersifat khusus dan tidak berlangsung lama. Pangdam hanya memberikan motivasi dan meminta agar para prajurit teritorial senantiasa memberikan teladan dan contoh yang baik kepada masyarakat dengan bersikap, berturut serta senantiasa berfikir secara positif.

Dihadapkan dengan pandemi COVID-19,  tambah Rusmin, Pangdam menyampaikan agar seluruh prajurit, PNS dan anggota Persit KCK Cabang XLIX Kodim1416 Muna menjaga kondisi fisiknya serta bijak dalam menggunakan media sosial.

"Selain menjaga kesehatan, Pangdam juga memerintahkan agar senantiasa berlatih dan bijak dalam menggunakan media sosial. Ini berlaku bagi prajurit dan keluarga," pungkasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga