Kupas Politisi: Ridwan Kamil, Jagoan Pilpres 2024

Musdar, telisik indonesia
Minggu, 02 Mei 2021
0 dilihat
Kupas Politisi: Ridwan Kamil, Jagoan Pilpres 2024
Ridwan Kamil. Foto: Repro Instragram @ridwankamil

" "

JAKARTA, TELISIK.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, salah figur yang dijagokan bakal bertarung di Pemilihan Presiden (Pilpres) Indonesia 2024 mendatang.

Dari sejumlah survei yang dirilis, Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil menempati posisi lima besar yang dijagokan dalam bursa Pilpres 2024.

Sebagaimana survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia pada 20-24 Maret 2021, dimana Ridwan Kamil menempati posisi ke-3 atau 10,2 persen dari 17 nama yang disodorkan kepada responden.

Begitu juga survei dari Charta Politika Indonesia, yang dilakukan 4-10 Maret 2021, menempatkan Ridwan Kamil di posisi ke-5 atau 8,1 persen dari 12 nama yang disodorkan kepada responden.

Untuk mengenal lebih dekat sosok Emil, menyadur suara com, jaringan Telisik.id, berikut profil lengkapnya:

Baca Juga: Jelang Lebaran, KPK Terbitkan SE Anti Korupsi

Latar Belakang

Pria bernama lengkap Muhammad Ridwan Kamil ini lahir di Bandung, 4 Oktober 1971. Ia merupakan putra dari pasangan Atje Misbach Muhjiddin dan Tjuju Sukaesih. Emil menempuh sekolah dasar di SDN Banjarsari III Bandung, Jawa Barat, Indonesia (1978-1998).

Pada tahun 1996, Emil menikahi Atalia Praratya yang kini kerap dipanggilnya dengan nama "Cinta". Keduanya dikaruniai putra dan putri bernama Emmiril Khan Mumtadz dan Camillia Laetitia Azzahra.

Riwayat Pendidikan Ridwan Kamil

Ridwan Kamil bersekolah di SMP Negeri 2 Bandung, Jawa Barat, Indonesia (1984-1987). Emil tumbuh besar di Kota Kembang, ia juga merupakan alumni dari Institute Teknologi Bandung bergelar Sarjana Teknik Arsitektur.

Setelah menyelesaikan pendidikan perguruan tingginya, Emil melanjutkan studi S2-nya ke California, Amerika Serikat, tepatnya di University of Berkeley pada tahun 1999-2001 bergelar Master of Urban Desaign (M.U.D).

Karier Ridwan Kamil

Setelah pulang ke Indonesia, Ridwan Kamil lantas bekerja sebagai dosen tidak tetap di ITB selama 14 tahun yakni dari tahun 2002-2016.

Sembari bekerja sebagai dosen, di tahun 2004 Emil merintis usaha bersama beberapa sahabatnya yang diberi nama PT Urbane Indonesia yakni sebuah lembaga profit yang bergerak dibidang jasa konsultan arsitektur, bangunan, tata ruang dan kota, serta desain.

Berkat ketekunan Emil dan kawan-kawan, keberadaan PT Urbane Indonesia pun kian diperhitungkan tak hanya di pasar nasional namun sampai ke internasional. Bahkan Emil sempat menyabet banyak penghargaan penting di bidang arsitektur.

Baca Juga: Kedapatan Jemput Narkoba, Dua Pria Asal Kolaka Diringkus Polisi

Pada tahun 2012, Ridwan Kamil memutuskan untuk terjun ke dunia politik dengan harapan mampu mengubah 'rumah' atau Kota Bandung menjadi lebih baik.

Tak main-main, Emil mengawali keikutsertaannya pada dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai Wali Kota Bandung dengan mengantongi dukungan dari Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sosial (PKS). Usahanya pun berbuah manis, Emil berhasil menduduki kursi wali kota bersama pasangannya Oded Muhammad Danial.

Setelah 5 tahun menjabat sebagai Wali Kotamadya Bandung, selanjutnya Emil mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2018. Tak disangka, Ridwan Kamil kembali memenangkan kursi Pilkada Jawa Barat dan resmi menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023.

Gaya kepemimpinannya yang humoris dan kehidupan rumah tangganya yang dikenal harmonis seakan melekat di hati masyarakat dan menjadi modal kuat untuknya maju memenangkan Pilkada Jawa Barat. (C)

Reporter: Musdar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga