Labroides Dimidiatus, Dokter Bagi Semua Ikan di Laut

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 23 September 2023
0 dilihat
Labroides Dimidiatus, Dokter Bagi Semua Ikan di Laut
Labroides dimidiatus atau yang umum dikenal dengan ikan dokter, merupakan salah satu ikan pembersih yang dapat kita temukan di area kaya akan karang. Rumah ikan ini ramai dikunjungi oleh ikan lainnya untuk dibersihkan. Foto: Repro Mncundip.com

" Ikan labroides dimiatus adalah ikan dokter yang akan memakan dan membersihkan sisa-sisa ataupun jaringan kulit mati di terumbu karang ataupun di dalam mulut ikan lainnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Orang yang berprofesi dokter biasanya akan merawat dan menyembuhkan pasien. Namun, tak hanya di dunia manusia saja yang memiliki profesi tersebut. Dunia hewan juga ada yang memiliki tugas serupa.

Salah satunya adalah ikan labroides dimiatus yang mana ikan tersebut sebagai ikan dokter yang akan memakan dan membersihkan sisa-sisa ataupun jaringan kulit mati di terumbu karang ataupun di dalam mulut ikan lainnya.

Dilansir dari Wikipedia.com, labroides dimiatus memiliki ukuran kecil dengan rata-rata 10 panjang cm dan maksimal 14 cm. Ikan ini dapat dikenali dengan garis hitam memanjang lebar yang membentang di sepanjang sisi dan mata.

Punggung dan perut ikan ini berwarna putih (terkadang agak kekuningan). Bagian putih ini berubah menjadi biru cerah di bagian depan hewan, sedangkan pita hitam melebar di bagian ekor, yang muda berwarna hitam dengan garis biru elektrik.

Mengutip Okezone.com, ikan dokter ini berkeliling bersih-bersih apa saja atau siapa saja yang melintas di depannya. Ikan ini bisa menyehatkan ikan lain karena memakan parasit lain pada tubuh ikan. 

Baca Juga: Fakta Unik Semut Panda Bisa Bunuh Seekor Sapi

Labroides dimidiatus atau yang umumnya dikenal dengan sebutan bluestreak cleaner wrasse merupakan salah satu ikan pembersih yang dapat kita temukan di area kaya akan karang. Tempat tinggalnya menjadi tempat yang dikunjungi secara berkala oleh ikan-ikan lainnya.

Maka dari itu, tempat hidup dari ikan ini dapat disebut dengan “Cleaning station”. Pelanggan dari ikan pembersih ini merupakan biota laut dengan spesies serta ukuran yang berbeda-beda, tidak hanya dari ikan kecil yang mengantri untuk dibersihkan.

Baca Juga: Deretan Fakta Burung Shoebill, Miliki Paruh Berbentuk Sepatu

Namun ikan besar pun ikut datang, seperti hiu, manta, bahkan penyu. Terkadang Labroides dimidiatus juga datang ke goa, rumah dari Moray eel untuk memberikan pelayanan langsung ke belut tersebut di rumahnya.

Ikan pembersih apakah tidak takut dimakan? Tenang, secara tidak langsung, terdapat aturan yang berlaku, “The unspoken rule, no body eats cleaner fish“. Tentunya predator juga tidak memakan ikan pembersih, kecuali salah tangkap.

Aturan ini berlaku karena terjadinya simbiosis mutualisme antara ikan pembersih dengan pelanggannya. Ikan dokter yang memiliki sifat karnivora mendapatkan makanan dari copepoda dan invertebrata lainnya yang menjadi parasit (Ectoparasite) pada ikan serta berasal dari sisa makanan yang menempel, baik di bagian tubuh maupun di bagian mulut hingga lipatan insang ikan pelanggannya. Hal ini yang juga membuat ikan pembersih ini disebut sebagai ikan dokter. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga