Belajar Tatap Muka di Kendari Mulai Tahun Ajaran Baru

Sumarlin, telisik indonesia
Rabu, 19 Mei 2021
0 dilihat
Belajar Tatap Muka di Kendari Mulai Tahun Ajaran Baru
Sekolah di Kota Kendari sudah menyiapkan fasilitas untuk menjalankan proses belajar mengajar tatap muka. Foto: Dok. Telisik

" Persiapan tatap muka kita di Kota Kendari siap 100 persen, dalam pengertian sarana dan prasarana pendukung utamanya protokol kesehatan sudah siap di sekolah-sekolah sejak awal Januari dan Insya Allah bulan Juli kita sudah siap. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Kendari 100 persen siap menjalankan proses belajar tatap muka tahun ajaran baru 2021-2022 bulan Juli ini.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari Makmur S.Pd. M.Pd, mengatakan, kesiapan tatap muka sudah dilakukan sejak Januari, namun karena belum mendapatkan izin, rencana itu ditunda.

Mendukung rencana tatap muka ini, Dikmudora Kota Kendari sudah menyiapkan semua persyaratan terkait protokol kesehatan.

"Persiapan tatap muka kita di Kota Kendari siap 100 persen, dalam pengertian sarana dan prasarana pendukung utamanya protokol kesehatan sudah siap di sekolah-sekolah sejak awal Januari dan Insya Allah bulan Juli kita sudah siap," ungkap Makmur, Rabu (19/5/2021).

Meskipun menyatakan sudah siap, namun proses belajar tatap muka dilakukan dengan sistem bergiliran, dimana siswa yang masuk sekolah harus setengah dari jumlah siswa setiap kelas. Itupun harus berdasarkan izin dari orang tua siswa.

Baca juga: Tudingan Plagiarisme Prof Zamrun Tak Terbukti, Pilrek UHO Kembali Dilanjutkan

Baca juga: Guru Honorer Tak Dapat Jatah THR dari Pemprov

Jika orang tua tidak mengizinkan, maka pihak sekolah harus memfasilitasi belajar bagi siswa yang bersangkutan.

"Yang kita minta adalah setengah dari setiap kelas, jadi digilir. Kemudian syarat lain harus ada izin dari orang tua. Jka orang tua tidak mengizinkan maka sekolah harus memfasilitasi peserta didik melakukan pembelajaran tatap muka secara daring," jelasnya.

Mantan Asisten Setda Kota Kendari ini menuturkan, untuk mendukung proses belajar tatap muka secara langsung ini, dari sekira 4 ribu guru di Kota Kendari, lebih dari 2 ribu guru telah divaksin. Jumlah ini masih terus bertambah karena proses vaksinasi masih terus berjalan.

Untuk tahap awal rencananya belajar tatap muka secara langsung akan diterapkan pada ulangan semester dalam waktu dekat.

Meskipun dari sisi sarana dan prasarana telah mendukung, namun Dikmudora Kota Kendari tetap menunggu rekomendasi dari wali kota dan Satgas Penanganan COVID-19. (B)

Reporter: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga