Lampu Jalan Tak Berfungsi, Jembatan Teluk Kendari Rawan Kecelakaan dan Kejahatan

Alda Almaaidah Ilyas, telisik indonesia
Selasa, 20 Juni 2023
0 dilihat
Lampu Jalan Tak Berfungsi, Jembatan Teluk Kendari Rawan Kecelakaan dan Kejahatan
Suasana Jembatan Teluk Kendari di malam hari, banyak lampu tak lagi berfungsi. Foto: Alda Almaaida Ilyas/Telisik

" Jembatan Teluk Kendari di malam hari gelap, karena sebagian besar lampu jalan di jembatan itu tak berfungsi. Suasana yang gelap memberikan kesan menakutkan di malam hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Jembatan Teluk Kendari yang diresmikan pada tahun 2020 lalu, merupakan salah satu ikon Kota Kendari. Jembatan sepanjang 1,34 km yang menghubungkan kawasan Kota Lama  dengan Kawasan Poasia, berhasil memperpendek waktu tempuh yang tadinya 30 sampai 35 menit, kini hanya 5 menit saja.

Namun suasana jembatan Teluk Kendari di malam hari gelap, karena sebagian besar lampu jalan di jembatan itu tak berfungsi. Suasana yang gelap memberikan kesan menakutkan di malam hari, apalagi bila melewati jembatan di jam-jam sepi.

Diketahui, penerangan Jembatan Teluk Kendari menggunakan energi matahari atau solar cell, namun kebanyakan lampunya sudah tidak berfungsi lagi. Tidak berfungsinya lampu penerangan itu belum bisa dipastikan terjadi sejak kapan.

Baca Juga: Bappeda Sulawesi Tenggara: Pembangunan Jalan Bertahap Setiap Tahun

“Ini lampunya sudah lama tidak berfungsi, hanya beberapa yang masih bagus,” ungkap Muhammad Ilyas, seorang pedagang somay yang sering melewati Jembatan Teluk Kendari, Senin (19/6/2023).

Penerangan yang minim, menyebabkan daerah sekitar Jembatan Teluk Kendari menjadi rawan tindak kejahatan dan menakutkan. Karena suasana yang gelap, hanya diterangi beberapa lampu yang masih berfungsi, membuat pengguna jembatan harus ekstra hati-hati.

“Ini saya mau pulang, itu sisa satu orang penjual somay. Rawan sekali, sudah mau jam 12,” Muhammad Ilyas mulai khawatir.

Penerangan yang gelap saat malam hari, bukan hanya menyebabkan rawan terjadi tindak kejahatan, namun juga rawan kecelakaan.

Baca Juga: Masa Jabatan Ali Mazi Segera Berakhir, Bappeda Sulawesi Tenggara Susun RPJPD 2025-2045

“Saya kalau lewat malam di sini mesti hati-hati karena gelap,” tutur Abdul, pengendara roda dua.

Masyarakat yang sering melewati Jembatan Teluk Kendari berharap agar pemerintah dapat segera membenahi lampu penerangan jembatan kebanggaan masyarakat Kota Kendari ini.

“Semoga dinas terkait  bisa cepat memperbaiki lampu yang tak berfungsi,” tandasnya. (B)

Penulis: Alda Almaaidah Ilyas

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga