Layani Parpol Calon Peserta Pemilu 2024, KPU Jawa Timur Bentuk Help Desk

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 01 Agustus 2022
0 dilihat
Layani Parpol Calon Peserta Pemilu 2024, KPU Jawa Timur Bentuk Help Desk
Sosialisasi pembukaan Help Desk oleh KPU Jawa Timur dalam rangka parpol peserta pemilu 2024. Foto: Ist.

" Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur memastikan menyediakan layanan Help Desk untuk seluruh partai politik atau parpol calon peserta pemilu 2024 "

SURABAYA, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur memastikan menyediakan layanan Help Desk untuk seluruh partai politik atau parpol calon peserta pemilu 2024.

Help Desk tersebut secara khusus difungsikan dalam rangka melayani parpol peserta pemilu 2024 pada proses pendaftaran dan verifikasi. Hingga penetapan partai politik menjadi peserta pemilu.

“Help Desk ini dapat dimanfaatkan parpol untuk konsultasi seputar pendaftaran dan verifikasi,” kata Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Jawa Timur, Insan Qoriawan, Senin (1/8/2022).

Dikatakan olehnya, berkenaan dengan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), juga menjadi bagian dari layanan yang dipenuhi jika parpol menemui kendala.

Help Desk sambungnya, dibuka selama tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan parpol peserta pemilu tahun 2024 berlangsung. Sesuai dengan PKPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD, rangkaian tahapan pendaftaran sampai dengan penetapan parpol peserta pemilu 2024 dimulai pada 1 Agustus sampai dengan 14 Desember 2022.

“Help Desk akan dibuka setiap hari Senin sampai dengan Minggu pada pukul 08.00 – 17.00 waktu setempat,” jelas Insan.

Selain dapat melakukan konsultasi secara langsung mendatangi kantor, Insan mengatakan KPU Jatim juga membuka layanan konsultasi secara online.

Baca Juga: KPU Buka Help Desk Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu 2024

“Help Desk kita juga tersedia melalui email, whatsapp group yang telah dibuat Tim Helpdesk dengan LO partai politik tingkat jawa timur, bahkan kami juga melayani lewat pertemuan online yang telah dijadwalkan sebelumnya,” terang Insan.  

Masih menurut Insan, Help Desk juga dibuka di setiap KPU kabupaten/kota di seluruh Provinsi Jawa Timur.

“KPU Jawa Timur juga telah menginstruksikan ke 38 KPU kabupaten/kota se Jawa Timur untuk membentuk Help Desk pendaftaran dan verifikasi parpol dalam rangka melayani partai politik calon peserta pemilu selama tahapan ini berlangsung,” lanjut mantan Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan ini.

Sedangkan Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam mengatakan, jika seluruh keluarga besar KPU Jawa Timur mulai dari komisioner hingga staf harus memahami regulasi terkait pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu 2024.

Baca Juga: Sejumlah Parpol Mulai Daftarkan Diri ke KPU RI

“Seluruh jajaran harus paham, karena kita tidak hanya melayani konsultasi pendaftaran, verifikasi dan penetapan, tetapi juga terkait dengan Sipol,” jelas Anam. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

Baca Juga