Lepas Kontingen Pramuka Konawe ke Cibubur, KSK: Jaga Nama Baik Daerah

Aris Syam, telisik indonesia
Rabu, 10 Agustus 2022
0 dilihat
Lepas Kontingen Pramuka Konawe ke Cibubur, KSK: Jaga Nama Baik Daerah
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat memberikan arahan kepada peserta jambore tingkat nasional. Foto: Aris Syam/Telisik

" Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa atau KSK berpesan kepada rombongan kontingen pramuka yang akan mengikuti kegiatan Jambore Nasional XI di Cibubur, Jakarta, agar dapat menjaga nama baik daerah yang dikenal dengan lumbung beras terbesar se-Sulawesi Tenggara "

KONAWE, TELISIK.ID - Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa atau KSK berpesan kepada rombongan kontingen pramuka yang akan mengikuti kegiatan Jambore Nasional XI di Cibubur, Jakarta, agar dapat menjaga nama baik daerah yang dikenal dengan lumbung beras terbesar se-Sulawesi Tenggara.

Amanah tersebut disampaikan KSK saat melepas secara resmi rombongan Pramuka Kwartir Cabang Konawe, bertempat di halaman kantor Bupati Konawe, Rabu (10/8/2022).

KSK mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, bertujuan untuk membentuk setiap anggota pramuka agar memilliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia.

"Dan tentunya memiliki jiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagi kader bangsa dalam menjaga dan membangun NKRI, mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungan," ungkap Bupati Konawe itu.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu menambahkan, dengan adanya gerakan pramuka tentunya memiliki peran yang sangat besar bagi anak-anak atau anggota gerakan pramuka dalam mendidik, khususnya pembentukan karakter sejak dini.

Susana kegiatan pelepasan kontingen Pramuka Kwartir Cabang Konawe yang dipimpin oleh Bupati Kery Saiful Konggoasa. Foto: Aris Syam/Telisik

 

Olehnya itu, pembinaan dan pengembangan generasi muda merupakan hal penting dilakukan, karena generasi muda merupakan pelanjut perjuangan bangsa dalam pembangunan nasional.

Sejak dibentuknya pramuka, telah menjadi salah satu gerakan pemuda yang sangat penting untuk membangun human character building atau pendidikan karakter.

Bupati Kery memimpin proses pelepasan Pramuka Kwartir Cabang Konawe untuk mengikuti jambore ke Cibubur, Jakarta. Foto: Aris Syam/Telisik

 

“Pramuka akan membentuk kaum muda dengan sosok yang ideal yakni beriman, bertanggungjawab, amanah, toleran, terampil, mandiri, patriot, pedut terhadap sesama, dan berbudi pekerti luhur," urainya.

Ia menyampaikan, dalam kegiatan Jambore Nasional XI Tahun 2022, Pramuka Kwartir Cabang Konawe mengirimkan rombongan sebanyak 105 orang, terdiri dari 48 orang peserta pramuka penggalang putra dan putri, serta 57 orang anggota dewasa.

Susana kegiatan pelepasan kontingen Pramuka kwartir cabang Konawe yang dipimpin oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa. Foto: Aris Syam/Telisik

 

"Ini merupakan kwartir cabang terbanyak yang mengirimkan peserta pada jambore nasional, kali ini dari kwartir cabang se-Kwartir Daerah Sulawesi Tenggara. Sehingga membuktikan komitmen yang tinggi dari Pemerintah Kabupaten Konawe dalam mengapresiasi prestasi Pramuka Penggalang Kwartir Cabang Konawe," jelasnya.

Baca Juga: Antam Komitmen Jaga Lingkungan Tetap Lestari

Terakhir, Kery Saiful Konggoasa berpesan kepada peserta jambore tingkat nasional tersebut, agar sekiranya dapat menjaga sikap, perilaku dan nama baik daerah dengan menanamkan nilai-nilai budi pekerti luhur, dan senantiasa membangun komunikasi yang baik dengan semua kontingen dari daerah lain, serta yang paling utama adalah menjaga kekompakan di antara seluruh kontingen.

"Mudah-mudahan seluruh rangkaian kegiatan jambore nasional dapat diikuti dengan baik, Insya Allah kembali pulang dalam keadaan sehat wal'afiat dengan membawa pengalaman baru yang menarik dan berkesan," pungkasnya.

Baca Juga: Muna Dikepung Banjir, Kuburan Tenggelam

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi S.IK, Sekda Konawe Ferdinand Sapan, Ketua Kwartir Konawe Prince Sonaru, Ketua Kontingen Kwartir Cabang Pramuka Konawe Saripin, Wakil Ketua I bidang Perencanaan dan pengembangan Ginal Sambari dan sejumlah pengurus lainnya. (C-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga