Logistik Pemilu di Buton Selatan Minus Formulir dan Sampul Surat Suara

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Jumat, 05 Januari 2024
0 dilihat
Logistik Pemilu di Buton Selatan Minus Formulir dan Sampul Surat Suara
Aktivitas penyortiran kotak suara oleh KPU Buton Selatan di gudang logistik pemilu. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Logistik Pemilu 2024 di Buton Selatan akan segera rampung. Saat ini sisa menunggu formulir dan sampul surat suara "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Logistik Pemilu 2024 di Buton Selatan akan segera rampung. Saat ini sisa menunggu formulir dan sampul surat suara, yang akan sampai di gudang logistik pada 10 Januari mendatang.

Ketua KPU Buton Selatan, Hastun mengatakan, semua kebutuhan Pemilu 2024 sebagian sudah sampai di gudang logistik. Pada 27 November 2023, pihak KPU Buton Selatan sudah melakukan perakitan kotak suara, dan ditemukan sebanyak 53 kotak suara yang mengalami kerusakan dan sudah diganti oleh KPU RI dengan kotak suara yang layak pakai.

"Pada 27 November 2023 dilakukan perakitan kotak suara dan ditemukan ada sebanyak 53 kotak suara yang rusak, namun sudah diganti dengan yang layak oleh KPU RI," jelas Hastun saat diwawancarai di gudang logistik pemilu, Kamis (4/1/2024).

Kemudian ia menerangkan, saat ini KPU Buton Selatan masih melakukan penyortiran kotak suara dan penulisan kotak suara yang meliputi nama desa dan kecamatan yang sesuai dengan TPS yang ada di Kabupaten Buton Selatan.

Baca Juga: KPU Efisiensi Anggaran Logistik Pemilu 2024 Rp 225 Miliar

"Hari ini masih dalam penyortiran kotak suara dan penulisan nama kotak suara untuk desa, kecamatan yang sesuai dengan TPS di Buton Selatan," terang Hastun.

Sedangkan untuk penyortiran surat suara baru akan dilakukan pada Sabtu, 6 Januari besok. Akan ada kelompok kerja yang dibentuk oleh KPU nantinya dalam proses pendistribusian logistik pemilu ke 7 kecamatan yang ada di Buton Selatan.

Baca Juga: 5.170 Kotak Suara Diterima KPU Kota Kendari, Bawaslu Pastikan Logistik yang Basah Aman

Sementara itu, La Ode Aswan, Kasubag Keuangan dan Logistik KPU Buton Selatan menambahkan bahwa akan ada satu kecamatan di Buton Selatan yang akan menjadi prioritas utama dalam pendistribusian logistik Pemilu 2024.

"Khusus Kecamatan Batuatas diprioritaskan lebih dulu pendistribusian logistik karena wilayahnya yang terpisah dari daratan Pulau Buton dan transportasi yang sulit serta cuaca ekstrem yang sering terjadi di bulan Februari," ungkap La Ode Aswan ketika diwawancarai di sela-sela aktivitasnya di gudang logistik pemilu. (B)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga