Lomba Inovasi Daerah dalam Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 28 November 2023
0 dilihat
Lomba Inovasi Daerah dalam Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat
Penyerahan hadiah lomba inovasi daerah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Foto: Ist.

" Wujudkan kesejahteraan masyarakat, Pemda Konawe melalui Badan Penelitian dan Pembangunan (Balitbang) gelar lomba Inovasi Daerah (ID) tahun 2023 "

KONAWE, TELISIK.ID - Wujudkan kesejahteraan masyarakat, Pemda Konawe melalui Badan Penelitian dan Pembangunan (Balitbang) gelar lomba Inovasi Daerah (ID) tahun 2023.

Lomba inovasi daerah ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat, melalui inovasi-inovasi yang dilahirkan Pemda Konawe berharap persoalan publik dapat terselesaikan secara efektif dan efisien.

Sekretaris Daerah Konawe, Ferdinan Sapan mengatakan, inovasi penting agar potensi daerah dapat dikelola dengan baik.

"Potensi daerah kita harus dikelola dengan sumber daya manusia yang hebat, dengan inovasi yang mampu menyelesaikan persoalan masyarakat," jelasnya.

Baca Juga: Kementerian Sosial bersama Anggota Komisi VIII DPR RI Menyerahkan Bantuan Sosial senilai 100 Miliar lebih di Kabupaten Konawe

Kata Ferdi dengan kegiatan lomba inovasi daerah akan memunculkan ide-ide yang brilian, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah.

"Mari kita catatkan sejarah kita masing-masing, dengan legacy yang kita tinggalkan akan menjadi langkah awal kita membawa daerah ini menuju daerah maju," tandasnya.

Tempat sama, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Konawe, Rini Andriani menyebut, Konawe menjadi daerah kedua di Sulawesi Tenggara yang menggelar lomba inovasi daerah.

Ia menjelaskan, inovasi daerah bertujuan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat, melalui peran publik dan tingkat daya saing daerah.

Lanjut Rini Andriani menerangkan, penilaian lomba inovasi daerah terdiri dari beberapa kriteria, yang pertama gagasan inovasi yang terbarukan dan unik, bermanfaat serta berkelanjutan.

"Semakin tinggi daya saing daerah, maka semakin tinggi tingkat kesejahteraan masyarakatnya. Kita ingin inovasi ini dapat berefek dan memberi manfaat bagi masyarakat. Alhamdulillah, kegiatan ini telah menghadirkan inovator yang mampu mendorong kinerja pemerintahan daerah di Konawe," jelasnya.

Berikut daftar pemenang lomba Inovasi Daerah Kabupaten Konawe Tahun 2023;

1. Sistem Informasi Pangan Terintegrasi (SIMPATI), Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Konawe (Abdul Hasim).

2. Sistem Informasi Surat Menyurat Kesehatan (SISKES), BLUD RSUD Kabupaten Konawe (dr Agus Lahida).

3. Bis Aktor Bio Saka Mengatasi Amoniak Pada Kotoran, Dinas Peternakan Kabupaten Konawe (Jumrin).

Baca Juga: Penemuan Mayat Wanita Dicor di Blitar, Begini Kondisi Keluarga Korban di Konawe Selatan

Juara Harapan

1. Tes Dasar Komputer (COMBAT), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe (Dr Suriyadi).

2. Sistem Informasi-Emergency Konawe Medical Service, BLUD RSUD Kabupaten Konawe (dr Agus S.Lahida).

3. SIMON, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dahlan).

Pengumuman hasil lomba inovasi daerah Kabupaten Konawe tahun 2023 berlangsung di salah satu hotel di Kabupaten Konawe, kegiatan ini di hadiri pimpinan OPD lingkup Pemda Konawe. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga