adplus-dvertising

Mahasiswa Baru, Hindari Hal-hal Berikut Ini

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Sabtu, 21 Mei 2022
256 dilihat
Mahasiswa Baru, Hindari Hal-hal Berikut Ini
Menjadi mahasiswa baru merupakan jalan awal menuju cita-cita. Namun ada beberapa yang harus dihindari selama menjadi mahasiswa baru. Foto: Repro Gramedia.com

" Menjadi mahasiswa baru mendatangkan kebanggaan tersendiri, tapi ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjadi seorang mahasiswa baru adalah idaman bagi sebagian siswa-siswi SMA sederajat. Karena dengan berkuliah merupakan jalan awal untuk menuju cita-cita di masa depan.

Namun menjadi mahasiswa baru maupun calon mahasiswa baru, harus memperhatikan hal-hal yang harus dipersiapkan, bahkan ada juga beberapa yang harus dihindari selama menjadi mahasiswa baru.

Melansir dari idntimes.com dan zonamahasiswa.id, menjadi mahasiswa baru mendatangkan kebanggaan tersendiri, tapi ada beberapa hal yang sebaiknya kalian hindari:


1. Jangan haus ketenaran

Saat menjadi mahasiswa baru, hindari overexpose personality. Misalnya, sok cakep, paling idealis, selalu speak-up, dan lain sebagainya.

Karena, setiap orang masih dalam fase adaptasi dengan lingkungan baru. Sehingga, jangan bersikap semena-mena demi bisa dikenal oleh seluruh kakak tingkat serta teman satu angkatan.

Bersikaplah apa adanya, senormal mungkin, serta pandai menyesuaikan diri. Karena jangan sampai sebagai mahasiswa baru sudah mendapat masalah atau masuk dalam daftar hitam oleh seluruh angkatan.

Di mana ke depannya bisa saja menyulitkan kalian di kehidupan perkuliahan, seperti tidak disukai orang lain akibat sifat yang berlebihan.

2. Melewati kelas dengan alasan tidak menyukai mata kuliah atau ada kesenangan yang lain

Semester pertama adalah pondasi yang akan mengokohkan semester berikutnya, saat baru mulai beradaptasi memang sangat menggoda untuk melewatkan kelas di perguruan tinggi, terutama pada semester pertama di mana lebih banyak mata kuliah teori.

Baca Juga: Dekan Fakutas Hukum UHO Kendari Lanjut Periode Kedua, Ini Pesan Rektor

Tapi ingat, sekali kamu melewatkan kelas maka banyak kemungkinan yang akan terjadi, seperti dapat cap buruk dari dosen pengampu atau mengulang mata kuliah sama di semester berikutnya padahal kamu sudah harus fokus untuk memadatkan Satuan Kredit Semester (SKS).

3. Pilih-pilih teman

Memasuki dunia perkuliahan, tidak jarang kita bertemu dengan teman satu sekolah semasa SD, SMP, atau SMA. Sehingga, rasanya ingin bersama mereka terus di kampus.

Namun kamu harus ingat, tidak semua orang senang menjalin pertemanan dengan kita. Karena, sebagian besar pasti menciptakan pengalaman serta suasana baru.

Mahasiswa harus memiliki banyak relasi, baik dengan dosen, teman satu jurusan, beda fakultas, bahkan beda angkatan sekalipun. Karena, jika membutuhkan bantuan maka akan lebih mudah.

Jangan bersikap egois dan hanya mau berteman dengan yang sudah lama kenal saja.

4. Terlalu memikirkan perasaan dan menjalin hubungan

Saat menjadi mahasiswa baru, nikmati saja masa-masa indahmu sebagai mahasiswa di semester pertama. Jika terlalu banyak memikirkan hubungan percintaan, maka akan begitu banyak perubahan baru dalam hidupmu.

Jangan merasakan tekanan untuk langsung menjalin hubungan. Sementar awal adalah tentang menjelajahi kebebasan, menemukan minat baru, dan bertemu banyak orang baru.

Nikmati saja, dan jangan terlalu menuntut diri untuk segera mencari pasangan.

5. Jangan terlalu banyak menaruh kepercayaan kepada orang yang baru pertama kali kamu kenal

Mayoritas orang yang berinteraksi dengan kamu akan menjadi orang baik. Namun tidak semua kebaikan itu nyata adanya.

Setiap orang punya pandangan berbeda-beda. Kamu bisa saja terlalu baik pada mereka dan malah berujung hanya dimanfaatkan saja.

Baca Juga: Pelaksanaan USBK Tingkat SD di Konawe Lancar Tanpa Hambatan

Ada baiknya, saat menjadi mahasiswa baru kamu hanya perlu berkenalan saja dan tidak berharap banyak dari teman-teman barumu.

6. Menjadi mahasiswa yang cuma tahu seputar kampus dan asrama serta mengisolasi diri dari dunia luar

Memang ada baiknya untuk berhati-hati saat bergaul di lingkungan baru, namun bukan berarti kamu harus menarik diri dari dunia luar dan tidak bersosialisasi dengan siapapun.

Memberi batas pada diri sendiri itu penting, tapi jangan lupa perhatikan porsinya juga. Gunanya kuliah, selain mendapat ilmu kamu juga harus pintar untuk mencoba hal-hal yang baru termasuk bertemu dengan orang-orang baru.

Bergabunglah dengan klub atau ajak teman sekamarmu untuk makan malam. Usia awal perkuliahan adalah masa-masa ideal untuk memperbanyak teman. (C)

Penulis: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga