Tahun Ini, IAIN Kendari Terbitkan 14 Jurnal Ilmiah

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Rabu, 13 April 2022
0 dilihat
Tahun Ini, IAIN Kendari Terbitkan 14 Jurnal Ilmiah
IAIN Kendari sudah menerbitkan 14 jurnal di tahun 2022 ini. Foto : Muhammad Ilwanto/Telisik

" Optimalisasi pengelolaan jurnal perlu dilakukan sebab kuantitas dan kualitas, publikasi artikel hasil riset para dosen menjadi salah satu indikator penilaian reputasi perguruan tinggi "

KENDARI, TELISIK.ID - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari terus mendorong publikasi karya ilmiah dosen, dengan menghidupkan pengelolaan jurnal ilmiah untuk mengakomodir artikel para tenaga pendidik ini.

Optimalisasi pengelolaan jurnal tersebut perlu dilakukan sebab kuantitas dan kualitas, publikasi artikel hasil riset para dosen menjadi salah satu indikator penilaian reputasi perguruan tinggi.

IAIN Kendari, telah menyusun kebijakan pengelolaan 8 jurnal ilmiah, yang kini telah terakreditasi SINTA, dan menerbitkan 14 jurnal baru lainnya untuk mengakomodir keilmuan yang bervariatif. Kebijakan ini dimulai dengan peningkatan kapasitas pengelolaan jurnal ilmiah melalui kegiatan pendampingan, pelatihan dan workshop pengelolaan jurnal.

Rektor IAIN Kendari, Prof Dr Faizah Binti Awad mengatakan, peningkatan kapasitas pengelola jurnal sejalan dengan agenda utama institut, yang tertuang dalam rencana strategis IAIN Kendari. Dirinya selalu mendorong para dosen dan seluruh pengelola jurnal, untuk menghasilkan artikel-artikel yang memenuhi standar, agar dapat disubmit pada jurnal terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi.

“Institusi mendukung penuh publikasi jurnal imiah, dengan membuat beberapa kebijakan antara lain pengalokasian anggaran untuk publikasi jurnal dan akselerasi guru besar, peningkatan dan pemanfaatan sarana dan prasarana (seperti peningkatan RAM/Server/Bandwith dan ruangan yang representatif), untuk mendukung pengelolaan e-journal peningkatan kualitas sumber daya manusia, melalui pelatihan/TOT dan benchmarking, serta penunjukan pengelola rumah jurnal IAIN Kendari,” ungkapnya, Rabu (13/4/2022).

Baca Juga: IAIN Kendari Verifikasi 1.021 Pendaftar SPAN-PTKIN, Hasilnya Diumumkan 15 April

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr Husain Insawan mengungkapkan, jurnal merupakan bagian penting, di mana itu menjadi sebuah tolak ukur, apakah perguruan tinggi itu berkualitas atau tidak.

"Pastinya dukungan selalu kita berikan, agar bagaimana dosen dan juga para mahasiswa, itu bisa memiliki jurnal yang benar-benar bagus, serta memiliki standar nasional bahkan internasional. Untuk itu pengembangan dan peningkatan kompetensi menjadi kunci yang selalu kami utamakan," jelasnya.

Baca Juga: Meski Tak Vaksin Booster, Madrasah se-Sultra Laksanakan PTM 100 Persen

Di sisi lain, Ketua Lembaga Penelitian dan  Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Dr Abdul Kadir menjelaskan, IAIN Kendari dari tahun ke tahun, selalu mengalami progres yang sangat bagus.

"Terbukti dengan setiap tahunnya jurnal yang mereka hasilkan selalu meningkat, yang tentunya diiringi dengan peningkatan kualitasnya. Ini menjadi sebuah catatan yang baik, dan tentunya harus dipertahankan dengan sangat baik. Karena ini akan menjadi salah satu syarat, untuk bisa beralih setatus menjadi universitas," ujarnya.

Sebagai informasi, dalam tiga tahun terakhir, IAIN Kendari telah menerbitkan 14 jurnal dari sebelumnya hanya 8 jurnal yang ada yaitu:  Fusha: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Insaniyah, Jurnal Pengabdian Masyarakat, Shibyan: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fawaid: Journal of Sharia Economic Law Review, Kulidawa: Journal of Science Applied Education, Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam, Diniyah, Jurnal Pendidikan Dasar, Robust: Research of Business and Economics Studies, Al-Lughawiyat : Journal of English Education, Linguistics, Literature, and Applied Linguistics,  Qaimuddin: Law Review, Kalosara: Family Law Review, Pabitara: Jurnal Pengabdian Masyarakat, El-Maqra’: Tafsir, Hadist dan Teologi, International Journal of Transdisciplinary Knowledge. (A)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga