Mahasiswa UNY Buat Media Pembelajaran Bertema Karakter

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Rabu, 10 Juni 2020
0 dilihat
Mahasiswa UNY Buat Media Pembelajaran Bertema Karakter
Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta membuat media pembelajaran interaktif berbasis flash. Foto: Affan Safani Adham/Telisik

" Selain itu juga mengenai nilai-nilai karakter apa yang bisa diambil dari banyaknya pahlawan nasional tersebut. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Karakter merupakan hal yang harus dibangun kepada anak sejak dini, untuk membentuk pribadi yang baik demi masa depan anak.

Karakter merupakan sebuah pilihan yang menentukan tingkat kesuksesan. Dan, pendidikan karakter perlu diterapkan dalam setiap mata pelajaran karena mengingat pentingnya dalam kehidupan.

Pendidikan karakter dapat diterapkan salah satunya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui tema pahlawan.

Dengan mengangkat tema pahlawan, maka siswa dapat mempelajari sikap dan sifat para pahlawan. Sehingga mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pada masa Sekolah Dasar (SD) seorang anak akan mengalami berbagai peristiwa dan juga perkembangan sehingga karakter anak sangat penting untuk ditanamkan. Namun dapat disayangkan, perkembangan media pembelajaran di sekolah -- terutama yang berbasis digitalisasi -- bertema peningkatan karakter melalui cerita pahlawan belum banyak dikembangkan.

Baca juga: IAIN Kendari Terapkan Protokol New Normal

Oleh karena itu, sekelompok mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat media pembelajaran interaktif berbasis flash.

"Sebagai upaya untuk pengenalan pahlawan dan pengenalan karakter yang dimiliki oleh pahlawan kepada peserta didik," kata mahasiswa Prodi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan UNY, Nifta Noor Halimah, Rabu (10/6/2020).

Saat ini, mahasiswa UNY terdiri dari Nifta Noor Halimah (Prodi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan), Adhien Wandani (Prodi Pendidikan Luar Sekolah) dan Erlina Oktaviandani (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar) mengembangkan media pembelajaran melalui markisa untuk siswa kelas IV SD.

Ini adalah media pembelajaran yang dirancang untuk pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan sub tema pengenalan pahlawan dan nilai-nilai karakter yang dapat diambil dari pahlawan-pahlawan di Indonesia.

Media interaktif ini menawarkan beberapa fitur, seperti materi mengenai siapa saja pahlawan nasional beserta biografi dan sejarah perjuangannya.

Baca juga: Polda Sultra Belum Tetapkan Delik Kasus KTP Palsu Mr. Wang

"Selain itu juga mengenai nilai-nilai karakter apa yang bisa diambil dari banyaknya pahlawan nasional tersebut," terang Nifta Noor Halimah.

Selain itu, terdapat pula soal-soal yang dapat dijawab oleh siswa dan di bagian akhir dapat mengetahui secara langsung berapa nilai yang ia dapat dari soal tersebut.

Sementara itu Adhien Wandani menambahkan, media ini dirancang untuk dapat digunakan secara mandiri oleh siswa. "Sehingga menumbuhkan jiwa belajar mandiri siswa," kata Adhien Wandani.

Dengan dikembangkannya media Markisa ini, diharapkan ke depannya dapat diimplementasikan di pembelajaran Sekolah Dasar (SD). Sehingga karakter-karakter bagus dari para pahlawan dapat tertanamkan pada jiwa peserta didik dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan Erlina Oktaviandani menjelaskan, tampilan awal media pembelajaran flash Markisa ini meliputi penjelasan mengenai media pembelajaran dan disertai dengan tombol mulai.

Adapun tema yang diangkat dari media ini adalah luar angkasa dengan tujuan memberikan kesan yang menarik bagi peserta didik kelas IV Sekolah Dasar.

Baca juga: Stop Politisasi Penanganan Pasien COVID-19 di RS Raha

Cara kerja Markisa, pada tampilan awal meliputi penjelasan mengenai media pembelajaran dan disertai dengan tombol mulai. Tampilan kedua untuk media ini, setelah menekan tombol "mulai", adalah ditampilkannya menu-menu atau fitur yang ada di media.

Peserta didik dapat memilih akan tampilan mana yang akan ia masuki. Kemudian, siswa dijelaskan fitur standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai dengan mempelajari materi ini.

Peserta didik dapat memilih button materi untuk belajar mengenal para tokoh pahlawan nasional. Setelah belajar pada fitur materi, peserta didik kemudian dapat melihat video yang ada untuk menambah wawasan mereka.

"Setelah memahami materi dan video yang diberikan peserta didik harus mengerjakan soal evaluasi sebanyak sepuluh soal untuk mengetahui keberhasilan mereka dalam belajar," ungkap Erlina Oktaviandani.

Apabila menemui kesulitan, peserta didik dapat melihat menu petunjuk dari karya ini yang berhasil meraih dana dari Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga