Masyarakat Diberi Kesempatan Tanggapi Hasil Verifikasi Administrasi KPU Terhadap Bacalon Gubernur Sultra

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 15 September 2024
0 dilihat
Masyarakat Diberi Kesempatan Tanggapi Hasil Verifikasi Administrasi KPU Terhadap Bacalon Gubernur Sultra
Kordiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM KPU Sulawesi Tenggara Amiruddin minta masyarakat memberikan tanggapan terhadap hasil verifikasi administrasi bakal calon. Foto: Ist.

" KPU Sulawesi Tenggara memberi kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan masukan dan tanggapan terhadap hasil verifikasi administrasi dokumen syarat calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara memberi kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan masukan dan tanggapan terhadap hasil verifikasi administrasi dokumen syarat calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Tahun 2024.

Kordiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM KPU Sulawesi Tenggara, Amiruddin mengatakan, tahapan ini sangat penting dilakukan karena memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan masukan terhadap calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara.

"Selain memiliki hak untuk menentukan pilihannya di Pilkada 2024, masyarakat juga bisa menyampaikan masukan kepada kami mengenai para calon gubernur dan wakil gubernur yang akan maju di pemilihan gubernur tahun ini," ungkap Amiruddin kepada telisik.id, Minggu (15/9/2024).

Ia menambahkan, masukan masyarakat terhadap calon gubernur dan wakil gubernur tentunya menjadi bahan dalam melaksanakan verifikasi bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Hasil Verifikasi Faktual 31 Warga Lambuno Kolaka Utara Dapat Gunakan Hak Pilih pada Pilkades

Untuk diketahui, sebanyak empat bakal pasangan calon (bapaslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara telah mendaftar di KPU.

Keempat bapaslon itu yakni Andi Sumangerukka (ASR)-Hugua usungan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dengan total perolehan suara sah sebanyak 404.172.

Baca Juga: Hugua Dipecat PDIP Usai Melawan Keputusan Partai

Selanjutnya bapaslon Tina Nur Alam (TNA)-LM Ihsan Taufik Ridwan diusung Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Ummat, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan total perolehan suara sah sebanyak 457.490.

Kemudian, bapaslon Lukman Abunawas (LA)- La Ode Ida diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Buruh dengan total perolehan suara sah 460.037.

Sementara bapaslon Ruksamin-LM Sjafei Kahar diusung Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Gelora dengan perolehan suara sah sebanyak 156.990. (C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga