Mengulik Fakta Socotra yang Disebut Sebagai Pulau Dajjal

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Minggu, 09 April 2023
0 dilihat
Mengulik Fakta Socotra yang Disebut Sebagai Pulau Dajjal
Pulau Socotra merupakan pulau yang terletak di pantai Yaman di Samudra Hindia. Meski memiliki keindahan alam yang unik dan menakjubkan, namun Pulau Socotra dianggap menyimpan banyak keanehan. Foto: Idntimes.com

" Pulau Socotra mungkin terdengar tidak asing lagi bagi sebagian orang. Pulau yang terletak di lepas pantai Yaman di Samudra Hindia ini merupakan pulau yang memiliki keindahan alam yang unik dan menakjubkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Pulau Socotra mungkin terdengar tidak asing lagi bagi sebagian orang. Pulau yang terletak di lepas pantai Yaman di Samudra Hindia ini merupakan pulau yang memiliki keindahan alam yang unik dan menakjubkan.

Namun, dibalik itu pulau ini memiliki banyak misteri serta keanehan pula. Bahkan ada yang menyebut pulau ini tempat Dajjal bersembunyi.

Mengutip dari Detik.com, Socotra sendiri resmi menjadi bagian dari Yaman setelah menghadapi konflik dalam waktu yang lama. Karena berbagai aspek tak biasa yang dimilikinya, Socotra telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO untuk melindungi ratusan spesies endemik pulau itu.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Bunga Periwingkle: Antikanker tapi Beracun

Dengan wilayah seluas 3.796 Km persegi, Socotra terbagi menjadi tiga zona utama, yaitu dataran pantai, dataran tinggi kapur, dan pegunungan Hagghier.

Meski jarang dikunjungi wisatawan, tapi Pulau Socotra memiliki penduduk dengan kehidupan yang masih tradisional.

Berikut adalah beberapa fakta Pulau Socotra yang dikutip dari Tempo.co:

1. Asal Usul Nama Socotra

Pulau Socotra memiliki ejaan lain yaitu 'suqotra' dan 'soqotra'. Terdapat berbagai teori tentang asal usul nama tersebut. Tapi pada umumnya, nama Pulau Socotra diyakini berasal dari kata Arab yang berarti 'pasar darah naga' atau dari kata Sansekerta berarti 'pulau kebahagiaan'.

2. Pohon Darah Naga

Berbicara soal Pulau Socotra pasti erat kaitannya dengan pohon darah naga. Pohon ini menjadi ciri khas pulau Socotra yang memiliki bentuk seperti jamur raksasa.

Pohon itu memiliki getah berwarna merah yang pada zaman dahulu dianggap sebagai darah naga, dan sangat berharga. Pada saat itu, getah pohon darah naga berfungsi sebagai bahan utama untuk cat dan pernis saat ini.

3. Kabut Misterius

Socotra memiliki keragaman geografis. Meskipun curah hujan biasanya ringan, pulau ini mendapat lebih banyak curah hujan selama musim hujan dan di sekitar pegunungan pesisir, yang menyebabkan kemunculan kabut tebal di pesisir.

Suhu di Socotra tetap stabil sepanjang tahun, mulai dari yang cukup sejuk hingga panas. Tak peduli kapan pun kita berada di pulau itu, kemungkinan besar orang akan bisa melihat kabut misterius ini di lepas pantai.

4. Beragam Spesies Flora dan Fauna

Pulau Socotra dikenal dengan flora eksotisnya yang berjumlah lebih dari 800 spesies. Bahkan sepertiga spesies endemik berada di pulau tersebut.

Selain itu di pulau ini juga terdapat beragam fauna, dengan setidaknya 34 spesies reptil dan 96 siput darat. Hampir semuanya fauna di sini bersifat endemik. Kurang lebih terdapat 730 ikan, 300 krustasea, 4 kelelawar dan 192 spesies burung.

5. Pemasok Kemenyan dan Obat-obatan

Sejak zaman dahulu, Socotra telah dikenal dunia sebagai pemasok kemenyan, mur, lidah buaya, dan getah darah naga yang dipercaya ampuh menyembuhkan luka dengan cepat.

Penduduk setempat biasanya menjual obat-obatan eksklusif yang semuanya diekstraksi dari berbagai tumbuhan endemik di pulau ini.

Baca Juga: Deretan Fakta Gunung Merapi Erupsi, Terjadi 19 Kali Gempa

6. Dipercaya Tempat Sembunyi Dajjal

Sebenarnya tidak ada alasan pasti mengapa Pulau Socotra dijuluki sebagai tempat sembunyi Dajjal. Dalam Al Quran dan Hadist tidak dijelaskan secara spesifik dan gamblang dari Bumi bagian mana persisnya Dajjal akan keluar.

Tamim Ad-Dari meriwayatkan jika Dajjal dikurung di sebuah pulau di suatu tempat di dunia. Pulau Socotra disebut-sebut sebagai pulau yang dimaksud karena kemisteriusan dan keunikannya.

Socotra berasal dari bahasa Sansekerta kuno yakni Dvipa Sukhadhara yang di masa lalu dipercaya sebagai tempat bagi para penyihir, jin, dan monster. Bahkan banyak mitos dan legenda yang mempercayai jika di sana terdapat ular terbang, sarang Phoenix, dan burung Roc. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga