Mentan Dorong Komoditas Sorgum di Konawe Selatan

Ashar Hamka, telisik indonesia
Senin, 30 Januari 2023
0 dilihat
Mentan Dorong Komoditas Sorgum di Konawe Selatan
Komoditas anyar sorgum, bisa menjadi alternatif lain untuk dikembangkan di Sulawesi Tenggara. Tak hanya buahnya bisa diolah, tetapi batangnya hingga daunnya pun bisa digunakan. Foto: IKP Diskominfo

" Bagi sebagian petani komoditas sorgum mungkin masih awam terdengar, mengingat potensi yang dihasilkan dari komoditas yang bisa digunakan sebagai bahan makanan pengganti gandum ini "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Bagi sebagian petani komoditas sorgum mungkin masih awam terdengar, mengingat potensi yang dihasilkan dari komoditas yang bisa digunakan sebagai bahan makanan pengganti gandum ini.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo secara aktif mengembangkannya, termasuk pengembangannya di Kabupaten Konawe Selatan.

"Kita masifkan pertanian di sini karena berkontribusi langsung dan dinikmati oleh masyarakat. Dan komitmen kita bagaimana rakyat makin sejahtera dari hasil pertanian," kata Syahrul Yasin Limpo, saat melakukan kunjungan kerja di Desa Alebo, Kecamatan Konda, baru-baru ini.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Diprediksi Landa Jawa Timur Pekan Depan

Menteri asal Sulawesi Selatan itu menuturkan, pengembangan sektor pertanian di Sulawesi Tenggara khususnya Konawe Selatan mengingat lahan di daerah itu sangat subur. Sehingga pertanian harus dimasifkan agar tidak hanya bergantung di sektor pertambangan.

Komitmen yang dilakukan pihaknya di antaranya alokasi bantuan Kementerian Pertanian terkait pengembangan komoditas sorgum. Berupa alat Power Thresher, benih sorgum, pupuk, dan benih unggul padi.

Sorgum adalah komoditas penting yang bisa digunakan sebagai bahan makanan pengganti gandum. Buahnya bisa dimakan seperti diolah menjadi mie atau makanan lainnya.

"Kemudian batangnya bisa menjadi gula dan lain sebagainya, kemudian daunnya bisa dijadikan pakan ternak," jelasnya.

Pria yang akrab disapa SYL itu berharap, langkah kementerian yang dipimpinnya bisa konsisten. Sinergitas antar pemerintah daerah termasuk TNI dan Polri terus ditingkatkan. Sehingga komoditas ini memberikan hasil yang maksimal utamanya bagi masyarakat.

"Tadi kami sepakat langkah awal akan kembangkan sorgum 100 hektar dulu. Tetapi, Pak Bupati Konawe Selatan mau kembangkan sampai 1.000 hektare. Saya berharap Maret sudah berjalan," terangnya.

Sementara itu, Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga berjanji, bakal terus memaksimalkan pemanfaatan lahan di daerahnya. Dengan getol mendukung program pengembangan pertanian dan peternakan dalam skala luas.

Baca Juga: KPU Muna Barat Tegaskan Sikap Independen

Terlebih Kementerian Pertanian di bawah kepemimpinan Syahrul Yasin Limpo acap kali banyak membantu Konawe Selatan, utamanya terkait sarana dan prasarana yang mendukung suksesnya pertanian di daerahnya.

"Alhamdulliah, kami memiliki potensi sumber daya alam yang besar untuk pengembangan sektor pertanian secara luas," ungkapnya.

Di lain pihak Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara, Asrun Lio mengungkapkan, kesyukurannya atas perhatian Menteri Pertanian mengembangkan pembangunan pertanian di Sulawesi Tenggara. Segala capaian di sektor pertanian, tak lepas dari dukungan Kementerian Pertanian. (A)

Penulis: Ashar Hamka

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga