Muji Lestari, Berjualan Seadanya Demi Hidupi Ekonomi Keluarga

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Senin, 01 Juni 2020
0 dilihat
Muji Lestari, Berjualan Seadanya Demi Hidupi Ekonomi Keluarga
Muji Lestari salah satu dari sekian banyak perempuan di Indonesia yang terdampak COVID-19. Foto: Affan/Telisik

" Meski kondisi saat ini memang sedang sulit. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Pandemi COVID-19 banyak mengubah keadaan masyarakat. Terutama bagi Muji Lestari (52). Ibu dua anak ini menjadi satu dari sekian banyak perempuan di Indonesia yang terdampak COVID-19.

Sebelum pandemi COVID-19 menyebar, Muji Lestari punya usaha kecil-kecilan berupa kerajinan tas kain rajut. Namun, adanya pandemi COVID-19 saat ini, benar-benar mengubah keadaan. Usaha tas kain rajut yang telah lama digelutinya itu sepi pembeli hingga akhirnya gulung tikar.

Bersama anaknya yang masih sekolah, tiap hari dia menyambung hidup dengan berjualan kerupuk beras yang dititipkan di warung angkringan dan pedagang sayur keliling.

Baca juga: Kemungkinan Salat Jumat Diadakan Lebih dari Satu Gelombang

Meski tidak banyak yang didapat, hanya Rp 24 ribu tiap harinya, dia mengaku tidak memiliki pilihan lain demi menyambung ekonomi keluarga.

Apalagi sejak dua bulan terakhir, dokter telah memvonis ginjal kanan dan kirinya terkena penyakit kista stadium 4 dan 5. Hingga saat ini dia tidak bisa lagi melakukan pekerjaan berat.

Keterbatasan ekonomi dan penjelasan dari dokter yang menyatakan penyakitnya sudah tidak bisa diobati  walaupun dengan operasi membuat hati Muji Lestari merasa sedih. Hingga akhirnya ia hanya mengandalkan obat-obatan herbal, yang dibelinya tak jauh dari kediamannya.

Bahkan, dengan sesenggukan dia tidak bisa menutupi kesedihannya ketika wartawan Telisik.id menanyakan perihal kondisi kesehatannya di rumahnya kawasan Kotagede Yogyakarta.

Baca juga: Trending di Twitter, Ruslan Buton Banjir Dukungan

Saat ini, Muji Lestari hidup serumah dengan anaknya yang masih sekolah serta ibunya yang sudah lanjut usia. Sementara itu suaminya sudah meninggal dunia beberapa tahun silam karena sakit.

Ya, Muji Lestari merupakan satu dari ribuan ibu-ibu di Indonesia yang tengah berjuang di tengah kondisi sulit pandemi COVID-19. Meski sudah dibantu masyarakat sekitarnya.

Adanya bantuan dari masyarakat sekitar rumahnya itu, mampu menjadi penyemangat bagi dirinya dan keluarganya untuk terus berjualan.

"Meski kondisi saat ini memang sedang sulit," jelas  Bu Muji Lestari, Senin (1/6/2020).

Adanya bantuan masyarakat itu diharapkan usaha Muji Lestari bisa terus menopang perekonomian keluarganya.

Selama ini, Muji Lestari juga menerima bantuan sedekah modal usaha dan pembinaan bagi usaha ultra mikro yang terdampak COVID-19.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga