Muna Barat Target Angka Stunting Turun di Bawah 20 Persen pada 2024

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 20 Juni 2023
0 dilihat
Muna Barat Target Angka Stunting Turun di Bawah 20 Persen pada 2024
Sosialisasi terkait manajemen audit kasus stunting di Muna Barat terhadap tenaga kesehatan dan berbagai pihak, yakni camat dan kepala desa. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Angka stunting di Kabupaten Muna Barat mencapai 201 kasus, pemerintah pun optimis target turunkan angka stunting mencapai di bawah 20 persen pada tahun 2024 "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Angka stunting di Kabupaten Muna Barat mencapai 201 kasus, pemerintah pun optimis target turunkan angka stunting mencapai di bawah 20 persen pada tahun 2024.

Penurunan stunting menjadi program prioritas bagi pemerintah, baik di pusat maupun di berbagai daerah, begitu pula Pemda Muna Barat saat ini gencar untuk menurunkan angka stunting sesuai target pemerintah pusat dan WHO.

Berbagai upaya itu, yakni dalam APBD telah digeser anggaran untuk penanganan stunting sekitar Rp 5,2 miliar, serta pemda kembali merevisi anggaran stunting mencapai Rp 3,5 miliar, telah diadakan dapur sehat atasi stunting (dahsat) untuk memperlihatkan cara mengolah makan yang sehat, dan pembentukan bapak asuh diketuai oleh Dandim 1416 Muna.

Baca Juga: Dibesuk Pj Bupati Muna Barat, Bocah Tertusuk Besi Berangsur Pulih

Selain itu, berbagai sosialisasi dilakukan melalui Badan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (BPPKB) Muna Barat, salah satunya manajemen audit kasus stunting ke berbagai pihak, yakni para kepala puskesmas, camat, kepala desa dan beberapa nakes.

Sekretaris Daerah (Sekda) Muna Barat, LM Husein Tali mengatakan, dengan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh pemda, kasus stunting di Muna Barat harus tuntas.

"Pemda saat ini bukan hanya fokus pada 201 anak yang terkena stunting (intervensi spesifik), melainkan intervensi sensitif," ungkapnya, Selasa (20/6/2023).

Ia mengharapkan, bagi pihak Puskesmas untuk tetap kalibrasi alat pengukuran bayi, selalu memastikan hasil timbangan bayi baru lahir, sebab banyak kasus terjadi pada bayi baru lahir, ketika awal hasil timbangan berubah dengan hasil timbangan berikutnya.

Selanjutnya, Kepala BPPKB Muna Barat, La Ode Andi Muna mengatakan, pihaknya lakukan manajemen audit kasus stunting, diharapkan mampu memenuhi target di 2024 mendatang untuk menurunkan angka stunting.

Baca Juga: Penerima Bansos PKH di Muna Barat Dapat Bantuan Beras

"Bila perlu pemberantasan stunting tuntas atau tidak ada lagi di Muna Barat," ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya mendatangkan dokter spesialis kandungan, dr Benza Asa Dicaraka agar dapat memberikan pemahaman bagi tim kesehatan terkait mengidentifikasi risiko dan tidak berisiko pada sasaran stunting.

Sosialisasi yang terus dilakukan harapannya agar seluruh pihak dapat melakukan langkah-langkah dan upaya pencegahan stunting pada masyarakat. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga