Museum Mini Bakal Dibangun di Taman Budaya Kolut

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 25 Juni 2021
0 dilihat
Museum Mini Bakal Dibangun di Taman Budaya Kolut
Taman Budaya Kota Lasusua, lokasi tempat pembangunan museum mini. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) berencana membangun museum mini di area Taman Budaya Kota Lasusua. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) berencana membangun museum mini di area Taman Budaya Kota Lasusua.

Kadis Dikbud Kolut, H. Muh. Idrus, S.Sos. M.Si melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Sadaruddin, S.Pd. M.Si mengungkapkan, pembangunan museum mini tersebut sifatnya sementara, sambil menunggu bantuan  anggaran dari pemerintah pusat untuk pembangunan museum permanen di lokasi rumah adat Patowonua.

"Kami sudah mengajukan proposal ke pemerintah pusat melalui Kepala Museum Provinsi Sulawesi Tenggara dan ia berjanji akan meneruskan permohonan tersebut ke pusat," kata Sadaruddin, Jumat (25/6/2021).

Sambil menunggu bantuan tersebut, Pemerintah Kabupaten melalui Dikbud Kolut berencana mengalokasikan anggaran pembangunan museum mini di area taman budaya melalui perubahan anggaran tahun ini.

Baca juga: Cegah Rabies, Semua Anjing Liar di Manggarai Akan Dieliminasi

Baca juga: Indomaret di Kolut Dibobol Maling, Kerugian Mencapai Belasan Juta Rupiah

"Insya Allah Dikbud Kolut akan berusaha menganggarkan tahun ini melalui perubahan anggaran. Namun jika tidak bisa terpenuhi tahun ini, maka insya Allah tahun 2022 sudah terealisasi," ungkapnya.

Lebih lanjut Sadaruddin menjelaskan, pembangunan museum mini ini penting mengingat Dikbud Kolut saat ini telah memiliki Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) dan juga telah memiliki 17 benda cagar budaya yang diserahkan masyarakat secara sukarela ke Dikbud Kolut untuk disimpan.

"Saat ini benda-benda cagar budaya tersebut telah disimpan dalam brankas di salah satu ruangan kantor Dikbud Kolut. Jika museum mini telah selesai pembangunannya, semua benda-benda cagar budaya akan disimpan di museum tersebut sampai menunggu pembangunan museum di lokasi rumah adat Patowonua," jelasnya.

Ia memastikan jika semua benda cagar budaya yang kini berada di kantor Dikbud Kolut aman dan menjadi tanggung jawab pihak Dikbud Kolut. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga