NASA Klaim Artemis 1 Sukses Setelah Kapsul Orion Kembali ke Bumi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 13 Desember 2022
0 dilihat
NASA Klaim Artemis 1 Sukses Setelah Kapsul Orion Kembali ke Bumi
Kapsul Orion milik NASA mendarat di Samudra Pasifik, Minggu (11/12/2022) waktu setempat. Orion baru saja menuntasksan misi Artemis 1, berkeliling orbit dekat bulan. Foto: Repro Cnnindonesia.com

" Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, akhirnya kembali ke bumi setelah perjalanan mengelilingi bulan dinyatakan berhasil "

NEW YORK, TELISIK. ID - Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, akhirnya kembali ke bumi setelah perjalanan mengelilingi bulan dinyatakan berhasil. Pesawat Orion NASA melakukan perjalanan 25 hari selama di bulan dan kembali pada Minggu (11/12/2022) waktu setempat, pesawat tanpa awak itu jatuh di Laut Pasifik.

Mengutip Cnnindonesia.com, wahana ini telah melakukan perjalanan tanpa awak mengelilingi bulan, yang mengakhiri misi perdana program Artemis. Kapsul Orion yang membawa simulasi kru berupa tiga maneken dilengkapi sensor.

Helikopter militer AS dan sekelompok kapal cepat segera mendekati kapsul untuk inspeksi yang berlangsung sekitar dua jam. Sekitar 30 menit sebelum jatuh, kapsul Orion menjalani skema kepulangan selama 20 menit di atmosfer bumi termasuk melepas pelindung di langit yang temperaturnya mencapai 2.760 derajat celsius karena gesekan udara.

Melansir Liputan6.com, misi Artemis I diluncurkan dengan roket Space Launch System NASA pada 16 November yang lalu, dari Launch Pad 39B di Kennedy Space Center NASA, Florida.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Maroko yang Lumpuhkan Portugal dan Lolos ke Semifinal Piala Dunia 2022

Baca Juga: Anggota DPR Ini Rela Tinggalkan Anak Istri untuk Hidup Bersama Bintang Porno

Dengan kembalinya Orion ke Bumi, NASA akan mulai menilai semua data yang dikumpulkan pesawat tersebut dalam perjalanan 1,4 juta milnya melintasi angkasa. Selanjutnya, NASA juga akan mulai mempersiapkan Artemis II. Dalam misi tersebut akan membawa astronot terbang dengan pesawat Orion pada 2024.

Lalu, di awal 2025 atau 2026, NASA berharap bisa melakukan pendaratan pertamanya di bulan, sejak akhir program Apollo pada tahun 1972. Melalui misi Artemis, NASA berencana untuk mendaratkan wanita dan orang kulit berwarna pertama di permukaan bulan, membuka jalan bagi keberadaan bulan untuk jangka panjang, serta batu loncatan untuk perjalanan ke mars. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga