Ngerinya Tas Nuklir Presiden Amerika, Hitungan Menit Dunia Kiamat

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 15 November 2022
0 dilihat
Ngerinya Tas Nuklir Presiden Amerika, Hitungan Menit Dunia Kiamat
tas hitam itu disebut dengan “Football”. Tas hitam itu tidak pernah jauh dari Presiden Amerika, salah satu isinya kode aktivasi senjata nuklir. Foto: Tajuk24

" Hampir semua barang milik Presiden selalu mengundang perhatian masyarakat. Seperti salah satunya adalah tas hitam yang selalu dibawa ajudan Presiden Amerika Serikat "

KENDARI, TELISIK.ID - Hampir semua barang milik Presiden selalu mengundang perhatian masyarakat. Seperti salah satunya adalah tas hitam yang selalu dibawa ajudan Presiden Amerika Serikat.

Melansir Kaskus.co.id, tas hitam itu disebut dengan “Football”. Tas hitam itu tidak pernah jauh dari Presiden AS. Di dalam tas hitam tersebut ada 75 halaman dokumen pertahanan, termasuk rencana perang, lokasi persembunyian presiden dalam buku hitam, 10 halaman instruksi siaran nasional, serta kode aktivasi senjata nuklir.

Kode itu digunakan saat Presiden AS dalam situasi darurat. Kode aktivasi itu akan dikirim ke markas komando militer untuk meluncurkan roket balistik lintas benua.

Baca Juga: Viral: Pengantin Berfoto di Kuburan Ibunya, Kisahnya Bikin Sedih

Tujuannya, saat kondisi AS genting dan sang presiden jauh dari Ruang Komando Militer di Gedung Putih, dia tetap punya akses kontrol terhadap senjata pemicu kiamat dunia tersebut.

Melansir Tribunnews.com, tas ini beberapa kali terekam kamera ada sebuah antena yang keluar dari tas. Ini menguatkan opini bahwa Football memang dirancang untuk situasi perang.

"Di saat rehat dulu saya sering sengaja membuka isi tas itu. Sekadar untuk mengingatkan betapa pentingnya keputusan yang diambil presiden saat tas ini terpakai," ujar Robert Patterson, pembawa tas hitam di era Presiden Bill Clinton.

Menurut mantan Menteri Pertahanan Robert S. McNamara, julukan Football diberikan selama era Perang Dingin sebagai sandi rahasia terkait program nuklir berkode 'dropkick'. Artinya, jika 'dropkick' hendak diluncurkan, football harus lebih dulu diaktivasi.

Tas hitam ini pertama kali muncul ke publik pada 10 Mei 1963 di kompleks keluarga Kennedy di Hyannis Port, Massachusetts. Saat itu ajudan Presiden JF Kennedy membuntuti presidennya sambil membawa tas hitam.

Baca Juga: Lion Air Jadi Maskapai Terburuk di Dunia, Ini Penyebabnya

Bahkan, pada Mei 1988, tas ini juga menyertai Presiden Ronald Reagan dalam kunjungan kenegaraan ke Uni Soviet.

Tas itu nyaris dipakai oleh Presiden Richard Nixon pada 1974. Saat itu emosinya meledak saat terprovokasi oleh Uni Soviet di Perang Vietnam.

Untunglah, penasihat presiden dan para ajudannya memperingatkan atasannya agar tak terburu-buru memutuskan penggunaan bom nuklir buat menyelesaikan konflik.

Saat ini AS diperkirakan memiliki 925 peluru kendali berhulu ledak nuklir. Dalam hitungan kurang dari 30 menit, rudal balistik AS bisa menjangkau benua lain. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga