NHPD dari Dispora ke KONI Buton Ditandatangani

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Jumat, 08 April 2022
0 dilihat
NHPD dari Dispora ke KONI Buton Ditandatangani
Penandatanganan nota Pemberian Hibah Dana Daerah (NHPD) dalam rangka pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi di Kabupaten Buton. Foto: Ist.

" Pemberian hibah tersebut berdasarkan nomeklatur dalam DPA Dispora Kabupaten Buton, disebut sebagai pembinaan olah raga berprestasi di Kabupaten Buton "

BUTON, TELISIK.ID - Nota Pemberian Hibah Dana Daerah (NHPD) dalam rangka pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi di Kabupaten Buton resmi ditandatangani pada Kamis (7/4/2022).

Disaksikan oleh Bupati Buton Drs. La Bakry M.Si, NHPD tersebut ditandatangani dan diserahkan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buton, Zainuddin Napa kepada ketua KONI Buton, Syamsir Siri di Aula Kantor Bupati Buton.

Dalam sambutan dan laporannya, Kadis Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buton Zainuddin Napa sebelum penandatanganan hibah menyampaikan lebih awal bahwa pemberian hibah uang sebesar Rp 3 miliar tersebut berdasarkan Keputusan Bupati Buton Nomor 35 Tahun 2022 tentang penetapan KONI sebagai penerima hibah dari Pemda Kabupaten Buton tahun 2022 yang merupakan penjabaran dari Perda Nomor 14 tahun 2021 tentang APBD Kabupaten Buton 2022.  

"Adapun mekanisme pemberian hibah tetap berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 2 tahun 2012 tentang Hibah Daerah, yang secara teknis telah dijabarkan melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 tahun 2020 tentang Pedoman Teknis  Pengelolaan Keuangan Daerah," jelas Zainuddin Napa, Kamis (7/4/2022).

Baca Juga: Pemda Buton Tetapkan Besaran Zakat Fitrah

"Pemberian hibah tersebut berdasarkan nomeklatur dalam DPA Dispora Kabupaten Buton, disebut sebagai pembinaan olah raga berprestasi di Kabupaten Buton dalam rangka mempersiapkan atlet berprestasi untuk mengikuti berbagai even orahraga daerah khususnya menghadapi Porprov yang direncanakan akhir tahun 2022," lanjutnya.

Baca Juga: Serahkan SK P3K Guru Honorer, Bupati Konawe: Tunjukkan Dedikasi dan Loyalitas

Olehnya itu, sangat diharapkan dengan hibah uang Rp 3 miliar ini, akan dapat membiayai proses seleksi atlet, pelatihan pelatih, uji coba tanding, pelatihan wasit, pengadaan alat olahraga dan operasional KONI sampai pada TC, sehingga dalam menghadapi Porprov  atau even olahraga lainnya, Kabupaten Buton sudah siap memiliki atlet yang dapat membanggakan dan mengharumkan daerah.

"Sebagaimana yang telah diamanahkan Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pekan dan Kejuaraan Olahraga," jelasnya.

Dia menambahkan, sangat diharapkan KONI dapat mengkonsolidasi kepada cabor-cabor yang ada di Kabupaten Buton, agar lebih aktif membina para atlet masing-masing untuk segera mempersiapkan atlet yang profesional. (C-Adv)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga