Nyaris Tenggelam, Speedboat Indostar Dihantam Gelombang Tinggi di Bombana

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Senin, 18 Desember 2023
0 dilihat
Nyaris Tenggelam, Speedboat Indostar Dihantam Gelombang Tinggi di Bombana
Kapal Speed Indostar pecah kaca akibat dihantam gelombang tinggi di Bombana. Foto: Ist.

" Akibat gelombang tinggi, kapal speed Indostar mengalami pecah kaca depan dan hampir tenggelam pada Senin (18/12/2023), di sekitar perairan Dusun Mapila, Kecamatan Kabaena Utara dan perairan Batu Lamoa, Kabupaten Bombana "

BOMBANA, TELISIK.ID - Akibat gelombang tinggi, kapal speed Indostar mengalami pecah kaca depan dan hampir tenggelam pada Senin (18/12/2023), di sekitar perairan Dusun Mapila, Kecamatan Kabaena Utara dan perairan Batu Lamoa, Kabupaten Bombana.

Kapal speed Indostar tersebut berlayar dari pelabuhan Sikeli menuju Kasipute, dengan jadwal berangkat sekitar pukul 09.30 Wita dan membawa 54 penumpang.

Ketika sedang mengadakan perjalanan, tiba-tiba kapal dihantam ombak dengan tinggi gelombang sekitar 3 meter yang menyebabkan kaca depan kapal pecah, kemudian air masuk ke dalam kabin kapal.

Baca Juga: Hapus Kemiskinan Ekstrem jadi Target di Penutupan HUT ke-20 Kabupaten Bombana

Keadaan tersebut membuat penumpang menjadi sangat panik. Nahkoda lantas menenangkan penumpang dan memutuskan untuk berbalik haluan ke pelabuhan terdekat, yaitu pelabuhan Pising.

Dari video yang diterima oleh Telisik.id, penumpang telah memakai pelampung orange dan meminta bantuan secepatnya.

"Tolong kami kasihan. Tolong yang secepatnya yang bisa hubungi ke darat," ucap salah seorang penumpang wanita dengan nada panik.

Baca Juga: Masyarakat Moronene Demo DPRD Bombana Soal Raperda Pelestarian Seni dan Budaya

Pada kejadian itu, ada 3 orang yang mengalami luka ringan di bagian wajah dan tangan akibat terkena pecahan kaca depan, yaitu nahkoda atas nama A.Ashal (45), kemudian dua orang lainnya Abdi (25) dan Agung (29) yang duduk tepat di samping nahkoda.

Evakuasi dilakukan oleh anggota kepolisian yang dipimpin oleh AKP La Jima. "Memang pas berangkat agak kencang angin. Baru yang luka-kuka itu langsung dirawat. Semua penumpang saat dievakuasi dalam keadaan selamat," jelas La Jima.

Kapal Speed Indostar berhasil berlabuh di pelabuhan Pising, Desa Mapila, Kecamatan Kabaena Utara dengan kondisi kapal hampir patah dan 54 penumpang berhasil dievakuasi. (B)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga