Operasi Zebra Anoa di Buton Utara, Berikut 7 Jenis Sasaran Pelanggaran

Rina Gayatri, telisik indonesia
Senin, 04 September 2023
0 dilihat
Operasi Zebra Anoa di Buton Utara, Berikut 7 Jenis Sasaran Pelanggaran
Satlantas Polres Butur saat melakukan apel kesiapan pasukan operasi zebra anoa 2023. Foto: Ist.

" Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Buton Utara mulai melakukan operasi zebra anoa. Operasi akan dilaksanakan selama 14 hari ke depan, mulai 4-17 September 2023 "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Buton Utara mulai melakukan operasi zebra anoa. Operasi akan dilaksanakan selama 14 hari ke depan, mulai 4-17 September 2023.

Operasi ini dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia yang ditujukan untuk menciptakan suasana keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang kondusif guna mewujudkan pemilu tahun 2024 yang aman dan damai.

Kasat Lantas Polres Butur, Iptu Usman Lana mengungkapkan, tujuan operasi zebra itu sendiri yaitu untuk menurunkan angka pelanggaran serta meminimalisir angka kecelakaan yang mengakibatkan korban dampak fatalitas.

Baca Juga: Mengenal Tradisi Haroano Laa, Pesta Panen Ala Buton Utara

"Selain itu juga untuk meningkatkan disiplin masyarakat terkait tertib berlalu lintas di jalan raya," tuturnya pada Telisik.id, Senin (4/9/2023).

Lanjut Usman, untuk di semua wilayah Kulisusu sudah dijadwalkan. Terkait titiknya belum bisa dipastikan karena sifatnya tentatif.

"Di mana sekiranya yang banyak melakukan pelanggaran atau ada titik yang rawan terjadi kecelakaan, maka di situ akan dilakukan kegiatan operasi yang sifatnya edukatif, persuasif ataupun penindakan di lapangan," paparnya.

Adapun sasaran utama ada 7 jenis pelanggaran, diantaranya pengendara yang menggunakan HP saat berkendara, pengemudi di bawah umur, berboncengan lebih dari 2 orang, tidak menggunakan helm SNI dan safety belt, berkendara dalam pengaruh alkohol, melawan arus, serta pengendara yang melebihi batas kecepatan berkendara.

"Kami menghimbau kepada seluruh orang tua sekiranya tidak membiarkan anak yang masih dibawah umur untuk berkendara, karena dari hasil analisa evaluasi kami, korban kecelakaan itu kebanyakan didominasi anak dibawah umur," tegas Usman.

Kapolres Buton Utara, AKBP Herman Setiadi menekankan agar pelaksanaan operasi dilaksanakan secara maksimal, sehingga mencapai tujuan yang diharapkan serta berdampak bagi peningkatan disiplin dan pengetahuan masyarakat dalam berlalu lintas.

Baca Juga: KPU Buton Utara Umumkan DCS, Masyarakat Diminta Beri Masukan Caleg Bermasalah

"Untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, maka operasi ini dilaksanakan melalui pendekatan dengan bentuk kegiatan sosialisasi peraturan dan tata tertib berlalu lintas, serta penindakan secara manual terhadap pengemudi yang tidak tertib dalam berlalu lintas," ucap Herman saat memimpin apel operasi zebra.

Selaku anggota Satlantas Polres Buton Utara, Briptu Basrah Hamni menuturkan. ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum turun lapangan agar dapat melakukan operasi dengan baik serta paham terhadap tugas masing-masing.

"Kami juga perlu menyiapkan surat perintah  tugas, melaksanakan apel sebelum pelaksanaan operasi yang di pimpin oleh perwira pengendali, serta kelengkapan papan nama operasi untuk diketahui masyarakat," pungkasnya. (A)

Penulis: Rina Gayatri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga