Pagi Ini, Kendari Kembali Diguncang Gempa

Kardin, telisik indonesia
Kamis, 02 September 2021
0 dilihat
Pagi Ini, Kendari Kembali Diguncang Gempa
Suasana Kota Kendari dari ketinggian. Foto: Repro Genpisultra.my.id

" Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin menerangkan, titik gempa terjadi di sebelah Timur Laut Baruga, Kota Kendari, dengan kekuatan gempa tektonik M2.7 "

KENDARI, TELISIK.ID - Kota Kendari kembali mengalami gempa bumi, pada pukul 08:22:36 Wita, Kamis (2/9/2021).

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin menerangkan, titik gempa terjadi di sebelah Timur Laut Baruga, Kota Kendari, dengan kekuatan gempa tektonik M2.7.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.01  LS, 122.49 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 2.8 km, Timur Laut Baruga, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 13 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari segmen North di Timur Laut Baruga, Kota Kendari.

"Dampak guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Kendari dengan Intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)," papar Rudin.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: Satu Toko Bangunan di Koltim Ludes Terbakar

Baca Juga: IAIN Kendari Lakukan Vaksinasi pada Mahasiswa

Sementara itu kata Rudin, gempa bumi susulan terjadi pukul 09.00 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan berikutnya.

Atas hal itu, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," tutupnya. (C)

Reporter: Kardin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga