Parpol Baru Punya Potensi Raup Suara Signifikan di Pemilu 2024

Kardin, telisik indonesia
Selasa, 21 Februari 2023
0 dilihat
Parpol Baru Punya Potensi Raup Suara Signifikan di Pemilu 2024
Pengamat politik, LM Bariun menilai parpol baru berpotensi meraup suara di Pemilu 2024. Foto: Ist.

" Banyaknya parpol baru yang lolos sebagai peserta Pemilu 2024 dinilai berpotensi meraup suara signifikan, terlebih terdapat sejumlah parpol baru yang beririsan dengan partai lama "

KENDARI, TELISIK.ID - Banyaknya parpol baru yang lolos sebagai peserta Pemilu 2024 dinilai berpotensi meraup suara signifikan, terlebih terdapat sejumlah parpol baru yang beririsan dengan partai lama.

Sebut saja Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Ummat dan Gelora beririsan dengab parpol lama seperti Demokrat, PAN dan PKS, terlebih adanya Partai Buruh yang nasionalis yang dinilai memiliki basis tersendiri.

Pengamat politik Sulawesi Tenggara, LM Bariun menerangkan, meski demikian terdapat parpol lama yang tidak beririsan dengan partai baru, seperti PDIP, Golkar, NasDem dan Gerindra.

Baca Juga: Kupas Politisi: Tips Hidup Sehat ala La Ode Ida

"Kalau kita bicara peluang, parpol baru yang beririsan tadi punya peluang, termasuk Partai Buruh," ucap Bariun, Selasa (21/2/2023).

Bariun menyebut, parpol baru yang beririsan dengan partai lama mengakibatkan terbaginya dua kekuatan militansi, termasuk paetai baru yang tidak memiliki irisan dengan partai lama.

"Sehinga, tadinya power full jadi tidak power full lagi partainya, karena ada irisan," bebernya.

Meski demikian, dengan banyaknya parpol saat ini membuat masyarakat juga memiliki banyak pilihan, partai mana yang dapat memberi jaminan kesejahteraan, keamanan dan ketertiban.

Baca Juga: Pendaftar Calon Anggota Bawaslu Sulawesi Tenggara Membludak, Ini Daftarnya

"Tawaran-tawaran inilah yang juga menjadi daya tarik masyarakat terhadap partai bersangkutan," ujar Bariun yang juga Direktur Pasca Sarjana Unsultra.

Ketokohan pimpinan parpol baru juga dianggap dapat mengancam eksistensi partai lama dalam meraup suara di Pemilu 2024 mendatang.

Sebelumnya, Sekretaris PKN Sulawesi Tenggara, Hayani Imbu menyatakan telah siap mengikuti Pemilu 2024, target kursi dalam menghadapi pemilihan legislatif telah ditentukan, bahkan calon kepala daerah mukai disiapkan.

"Yang pastinya PKN sudah siap semua," ucapnya. (B)

Penulis: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga