Kupas Politisi: Tips Hidup Sehat ala La Ode Ida

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Selasa, 21 Februari 2023
0 dilihat
Kupas Politisi: Tips Hidup Sehat ala La Ode Ida
Meski usianya sudah menginjak 61 tahun, politisi La Ode Ida masih aktif menjalani aktivitasnya sehari-hari dengan kondisi tubuh yang bugar karena pola hidup yang sehat. Foto: Repro Facebook La Ode Ida

" Kunci hidup sehat ala La Ode Ida, selain menghindari stress, santai menjalani persoalan, berdoa dan olahraga. Terakhir menjaga pola makan "

KENDARI, TELISIK.ID – Menggeluti karir sebagai politisi selama puluhan tahun sembari mengurus bisnis pribadi, ternyata ini tips hidup sehat yang rutin dilakukan oleh La Ode Ida.

Lahir di Tobea pada tahun 1961, La Ode Ida merupakan anak terakhir dari 13 bersaudara. Menempuh pendidikan awal di SD Negeri Tobea Sidodadi, lalu melanjutkan di jenjang SMP Negeri Raha dan SMA Negeri Raha. Setelah tamat di bangku SMA, ia melanjutkan pendidikan dengan merantau dan masuk ke perguruan tinggi di Jakarta.

Ia menempuh pendidikan formal S1 Jurusan Sosiologi. Selanjutnya ia mengambil jurusan yang sama S2 Jurusan Sosiologi di Universitas Indonesia. Berhasil memperoleh gelar magister, ia melanjutkan ke jenjang S3 Jurusan Pembangunan Masyarakat di Universitas Negeri Jakarta. Kendati demikian ia juga menempuh pendidikan semi formal yang tak kalah luar biasa di dalam hingga luar negeri.

Pendidikan semi formal yang ia tempuh di antaranya LEAD (Leadership for Environment and Development), Kajian Program Berkelanjutan (Sustainable Development). Jakarta – Kosta Rica – Okinawa (Jepang) pada tahun1995 – 1997, Fellowship: Eisenhower Fellowship Program for Emerging Leader (Eisenhower Foundation) on Local Government Management and Accountability USA, pada tahun 1998 dan International Visitor Program on US Political System, Kajian Social Culture tentang Gerakan Sosial di Amerika Serikat. USA, 1998.

Baca Juga: Kupas Politisi: Anggota Legislatif 3 Periode, Optimis Jadikan Kendari Lebih Baik

Eks Komisioner Ombudsman Republik Indonesia (RI)  dan mantan Ketua DPD RI selama 2 periode itu, saat ini tengah menjadi dewan pakar Dewan Pungurus Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS). Saat ini kesehariannya tengah mengurus bisnis pribadinya dan mempersiapkan beberapa strategi politik untuk ke depannya. Dengan banyaknya kesibukan yang dihadapi, sangat penting baginya untuk menjaga kesehatan.

‘’Kunci hidup sehat itu yang pertama jangan stress dan tetap santai menjalani persoalan keseharian, selanjutnya yang paling penting itu berdoa setiap hari dimulai pada dini hari ketika salat subuh. Tidak lupa juga saya olahraga yaitu tenis dan jogging karena keduanya sering saya lakukan. Namun karena di rumah juga ada kolam renang, saya juga sesekali berenang. Terakhir itu menjaga pola makan karena saya dari dulu selalu menjaga pola makan,’’ ucapnya via telepon, Senin (20/2/2023).

Baca Juga: Kupas Politisi: Menyelami Pemikiran dan Perjuangan Ir Hugua

Politisi yang eksis di media sosial itu memiliki pengikut 10 ribu di instagramnya dan kerap kali membagikan kesehariannya dalam postingan feed ataupun story. Nampak dalam postingannya beberapa kegiatan seperti bermain musik, bercengkrama bersama kawan, olahraga renang, tenis maupun kegiatan bersama keluarganya.

‘’Saya salut dengan Bapak La ode Ida itu usianya sudah 61 tahun tapi masih terlihat bugar karena sering olahraga seperti yang kita lihat di sosmednya. Untuk anak muda zaman sekarang bisa mengambil contoh dari beliau dan tidak menghabiskan waktu hanya untuk nongki karena berolahraga sama saja investasi kesehatan jangka panjang,'' ucap Adil Haq, pemuda asal Muna Barat yang juga pengikut La Ode Ida di Instagram. (B)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga