Pasarwajo Street Food, Kawasan Kumuh yang Ditata Menjadi Kuliner Jalanan

Febriyani, telisik indonesia
Kamis, 20 Juli 2023
0 dilihat
Pasarwajo Street Food, Kawasan Kumuh yang Ditata Menjadi Kuliner Jalanan
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Buton, Nurul Kudus Tako, meyampaikan sambutannya pada launching Pasarwajo Street Food, di depan kantor Lurah Pasarwajo. Foto: Febriyani/Telisik

" Pasarwajo Street Food merupakan kawasan kumuh yang ditata sedemikian rupa menjadi tempat makan yang nyaman dan menarik untuk dijadikan tempat ngumpul bersama teman, keluarga, dan rekan kerja "

BUTON, TELISIK.ID - Pasarwajo Street Food merupakan kawasan kumuh yang ditata sedemikian rupa menjadi tempat makan yang nyaman dan menarik untuk dijadikan tempat ngumpul bersama teman, keluarga, dan rekan kerja.

Di Pasarwajo Street Food, berbagai makanan dan minuman disajikan pedagang kaki lima sepanjang pantai Kambula-bulana, Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Kawasan ini diharapkan menjadi objek wisata baru di Kabupaten Buton.

Pj Bupati Buton, Basiran, ketika me-launching Pasarwajo Street Food berharap ini menjadi program yang berkelanjutan. Program ini diyakini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, serta mengubah kawasan kumuh menjadi kawasan yang tertib dan nyaman.

"Untuk lebih menarik minat wisatawan, dalam penataanya nanti akan dipasangkan lampu untuk memperindah kawasan pantai Pasarwajo, dan menarik minat wisatawan. Kawasan ini diharapkan menjadi tempat favorit dan bermanfaat dalam peningkatan UMKM," ungkapnya, Kamis (20/7/2023).

Baca Juga: Dua Kawasan Kumuh di Muna Ditata Gunakan APBN Rp 61 M

Melalui inovasi proyek perubahan ini, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Buton berharap kepada stakeholder terkait agar dapat memberikan bantuan atau program yang berkaitan dengan Pasarwajo Street Food atau kuliner jalanan.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Buton, Nurul Kudus Tako, melihat potensi serta view yang dihadirkan di pesisir pantai Kambula-bulana sehingga memilih kawasan pesisir ini sebagai objek penataan kawasan kumuh dalam konsep Pasarwajo Street Food.

Baca Juga: Sempat Viral, Ridwan Bae Tinjau Proyek Peningkatan Kawasan Kumuh Lagasa Muna

Dikatakan, sudah ada beberapa kawasan kumuh yang ditata kembali salah satunya leter Buton. Kali ini pantai Kambula-bulana ditata menjadi tempat jajanan dan tempat kumpul yang digemari segala kalangan.

Pasarwajo Street Food diharapkan menjadi tempat hang out bagi masyarakat Buton, yang sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar pesisir pantai Kambula-bulana.

"Kami bersyukur dengan adanya program ini tentunya ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Buton, khususnya kami masyarakat pesisir pantai Kambula-bulana," ungkap salah satu warga pesisir pantai, Hasnia. (A)

Penulis: Febriyani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga