Pasca Ledakan Smelter Begini Tindak Lanjut PT IMIP Investigasi PT ITSS Morowali, Aliansi Sulawesi Minta Hentikan Produksi

Erni Yanti, telisik indonesia
Rabu, 27 Desember 2023
0 dilihat
Pasca Ledakan Smelter Begini Tindak Lanjut PT IMIP Investigasi PT ITSS Morowali, Aliansi Sulawesi Minta Hentikan Produksi
Pasca ledakan tungku smelter PT ITSS Worowali, PT IMIP lakukan investigasi. Foto: Tempo.co

" Pasca ledakan tungku smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS), saat ini sedang dilakukan investigasi pada sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lokasi kejadian yang berada di kawasan industri PT IMIP "

MOROWALI, TELISIK.ID - Pasca ledakan tungku smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS), saat ini sedang dilakukan investigasi pada sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lokasi kejadian yang berada di kawasan industri PT IMIP.

Perusahaan mempercayakan proses pendalaman penyebab kejadian kecelakaan kerja di PT ITSS kepada pihak berwenang, dan menjamin terselenggaranya kerja sama dengan para pihak terhadap rekomendasi penanganan dampak yang muncul sesuai tata hukum yang berlaku.

"Perusahaan siap melakukan segala bentuk perbaikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ungkap Humas PT IMIP, Dedy Kurniawan dalam keterangan tertulis yang diterima Telisik.id, Rabu (27/12/2023).

Dedy mengungkapkan, proses investigasi dilakukan sejak kejadian 24 Desember 2023 sampai waktu yang beum diketahui. Melibatkan Safety kawasan PT IMIP, Wasnaker, Kemenperin, Pemda Sulawesi Tengah, Pemkab Morowali, dipimpin Polda Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Dua Pasien Korban Ledakan Tungku Smelter di PT ITSS Morowali Dirujuk ke Makassar dan Jakarta

Saat ditanya Telisik.id soal pernyataan PT IMIP yang akan menghentikan sementara operasi tungku smelter PT ITSS Morowali, namun tidak dijawab.

Sementara Aliansi Sulawesi merupakan gabungan dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) yang berada di pulau Sulawesi, yang terdiri dari Walhi Sulawesi Tengah, Walhi Sulawesi Selatan dan Walhi Sulawesi Tenggara, telah mengeluarkan pernyataa sikap atas insiden meledaknya Smelter PT ITSS di kawasan PT IMIP yang menewaskan puluhan buruh.

Koordinator Aliansi Sulawesi sekaligus Direktur Walhi Sulawesi Tengah, Sunardi Katili mengatakan, masih belum terlupakan peristiwa meledaknya smelter PT Gunbuster Nickel Invesment (GNI) dalam kawasan industri nikel milik PT Stardust Estate Investment (SEI) di Morowali Utara beberapa waktu lalu,

Kemudian PT Wangxian di Desa Bahomotefe, Morowali dan kebakaran Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Captive Batu Bara di Desa Labota, Morowali yang juga masih dalam kawasan PT IMIP serta peristiwa lainnya dalam kawasan industri, baik di Morowali maupun di Morowali Utara telah banyak menelan korban, kali ini insiden meledak smelter mililik PT ITSS terulang kembali.

Sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 3 tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba), Pasal 113 huruf (a) menegaskan suspensi kegiatan usaha pertambangan dapat diberikan kepada Pemegang IUP dan IUPK jika terjadi keadaan yang kahar.

Meminta hentikan sementara produksi nikel dan segera mengevaluasi secara menyeluruh PSN industri nikel di Morowali dan di Morowali Utara.

Kemudian meminta Presiden RI segera mendesak pemegang izin usaha pertambangan (IUP) dan pemegang izin usaha industri untuk menghentikan sementara (suspend) pengoperasian pengolahan ore nikel.

Baca Juga: Infografis: Ledakan Tungku Smelter PT ITSS di Morowali

Mendesak Pemerintah RI segera bentuk tim terdiri dari unsur Kementerian terkait dan jajarannya sampai tingkat provinsi dan bersama unsur dari Komisi terkait di DPR RI guna industri pertambangan PT IMIP di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Mendesak DPR RI untuk melakukan hearing/Rapat Dengar Pendapat (RDP) memanggil Presiden RI beserta kementerian terkait dan PT  ITSS dan PT IMIP guna mengevaluasi menyeluruh industri nikel Morowali dan Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

Mendesak Pemerintah RI bersama kementerian terkait dan Komisi di DPR RI untuk segera melakukan audit penerapan keselamatan kerja pada kawasan industri PT IMIP di Mororwali dan Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

Mendesak Pemerintah RI bersama kementerian terkait, Kepolisian RI dan Komis DPR RI segera menemukan penyebab indisiden meledaknya smelter PT ITSS dan segera melakukan penegakan hukum terhadap penanggungjawab kawasan industri dan pemilik smelter meledaknya smelter PT ITSS. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga