Paslon SUARA Siapkan 1.946 Saksi Kawal Hari Pencoblosan Pilkada

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Rabu, 02 Desember 2020
0 dilihat
Paslon SUARA Siapkan 1.946 Saksi Kawal Hari Pencoblosan Pilkada
Paslon Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga dan Rasyid (SUARA). Foto: Ist.

" Di sini juga, kita beri ilmu tata cara penyampaian protes dan mengkritisi secara beretika, bila menemukan dugaan pelanggaran. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Jelang Pilkada 9 Desember mendatang, Paslon Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga dan Rasyid (SUARA) telah menyiapkan 1.946 orang saksi.

Jubir Paslon SUARA, Samsu mengatakan, saksi yang telah disiapkan tersebut 1.896 orang akan bertugas di 632 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan 50 orang saksi lainnya akan bertugas di Kecamatan yang ada di Konsel.

"Jumlah saksi yang akan bertugas di setiap TPS sebanyak tiga orang. Yakni, satu saksi bertugas di dalam TPS sebagaimana ketentuan KPU, sedangkan dua saksi lainnya bertugas di luar TPS," ujarnya, Rabu (2/11/2020).

Ia menjelaskan, sebelum diterjunkan setiap saksi dibekali standar operasional prosedur (SOP) tentang pemahaman tugas saksi dalam pemenangan, tugas saksi di setiap TPS dan hak saksi di setiap TPS.

"Di sini juga, kita beri ilmu tata cara penyampaian protes dan mengkritisi secara beretika, bila menemukan dugaan pelanggaran," jelasnya.

Baca juga: Hasil Survei THI Menang Telak, TERBAIK Dianggap Paslon Istimewa

Selain itu, saksi Paslon akronim SUARA yang akan bertugas di masing-masing TPS, melaksanakan tugas seperti melakukan survei lokasi TPS di setiap desa dan kelurahan. Kemudian secara bersama-sama ikut mengawasi pendistribusian surat pemberitahuan pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Termasuk, memastikan penerapan protokol pencegahan penularan COVID-19, baik dari para saksi maupun pada pemilih.

"Kita tidak ingin ketika ada pemilih tidak dilengkapi alat pelindung diri, seperti masker, tidak menjaga jarak lalu menjadi kendala, sehingga tidak bisa menggunakan hak pilihnya," bebernya.

Untuk itu, dirinya berharap semua saksi bekerja maksimal, memastikan semua pemilih mendapatkan kartu panggilan dan berkoordinasi dengan penyelenggara.

Untuk diketahui, Konsel terdiri dari 25 kecamatan, 632 Tempat Pemungutan Suara (TPS), 203.339 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terdiri dari pemilih laki-laki 103.284 orang dan pemilih perempuan berjumlah 100.055 orang. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga