Pekerja Proyek Jembatan Tewas Tenggelam di Danau Toba

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Senin, 06 Juni 2022
0 dilihat
Pekerja Proyek Jembatan Tewas Tenggelam di Danau Toba
Tim SAR Medan dan Parapat menemukan jasad warga Ciamis Provinsi Jawa Barat yang tenggelam di Danau Toba. Foto: Humas SAR Medan

" Seorang pekerja proyek pembangunan jembatan di seputaran Danau Toba tenggelam di danau itu "

MEDAN, TELISIK.ID - Seorang pekerja proyek pembangunan jembatan di seputaran Danau Toba tenggelam di danau itu. Tepatnya di Aek Tano Ponggol, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Pria itu adalah Aljab Maulana (21) warga Ciamis, Provinsi Jawa Barat. Dia ditemukan meninggal dunia di dasar danau sedalam 5 meter, Senin (6/5/2022).

Humas Search and Rescue (SAR) Medan, Sariman Sitorus membenarkan adanya temuan korban tenggelam di Danau Toba.

"Saya baru dapat informasi bahwa korban tenggelam di Danau Toba sudah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Dia dinyatakan tenggelam, Minggu (5/6/2022) sekira pukul 17:45 WIB," kata Sariman.

Tim SAR Parapat - Danau Toba yang mendapatkan informasi adanya warga yang tenggelam, langsung bergegas ke lokasi.

"Bahkan tim sampai bermalam mencari korban tenggelam itu. Tapi belum ditemukan dan ditemukan esok harinya. Untuk teknis pencarian dan kronologi singkatnya, silakan berkomunikasi dengan Tim SAR Parapat," ungkapnya.

Baca Juga: Semalaman Tak Bisa Dihubungi, Pedagang Ini Ternyata Meninggal

Koordinator Pos SAR Parapat Danau Toba, Hisar Turnip mengaku menerima informasi adanya pekerja tenggelam, langsung bergegas melakukan pencarian.

"Korban berenang bersama tiga rekannya. Akan tetapi, mereka tenggelam. Tiga orang berhasil berenang ke tepi danau, sedangkan korban tenggelam. Setelah adanya informasi korban tenggelam, tim langsung bergerak ke lokasi berjumlah 8 orang," ungkap Gusar Turnip.

Diakunya, korban adalah pekerja proyek pembangunan Jembatan Tano Ponggol yang berada di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir. Mereke bekerja di bawah naungan PT Wika.

"Setelah mendapatkan informasi adanya korban tenggelam, tim SAR Parapat - Danau Toba langsung melakukan pencarian. Teknisnya dengan cara penyelaman dan menggunakan alat pendeteksi di bawah air yaitu Aqua Eyes milik Pos SAR Parapat, namun hingga pukul 22.15 WIB malam tadi, korban belum ditemukan. Keesokan harinya korban ditemukan tidak bernyawa di dasar danau sedalam 5 meter," ungkapnya.

Baca Juga: Seorang Pria Tewas di Kamar Kos Kekasihnya

Selanjutnya tim SAR langsung mengevakuasi korban dalam keadaan meninggal dunia dan diserahkan kepada pihak PT Wika untuk dibawa ke Rumah Sakit Pangururan.

"Untuk proses pemulangan korban ke rumah duka, kami percayakan kepada pihak PT Wika. Tugas tim SAR dinyatakan selesai dengan ditemukannya korban," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga