Pemanfaatan Teknologi untuk Transparansi Pembangunan Bombana

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Kamis, 18 Januari 2024
0 dilihat
Pemanfaatan Teknologi untuk Transparansi Pembangunan Bombana
Penginputan data RA dan RKD di uula Kantor Bappeda Bombana ke dalam sistem SIPD. Foto: Ist.

" Untuk meingkatkan pelayanan yang lebih efisien untuk perencanaan pembangunan daerah yang lebih transparan, Pemerintah Kabupaten Bombana melakukan pemanfaatan teknologi "

BOMBANA, TELISIK.ID - Untuk meingkatkan pelayanan yang lebih efisien untuk perencanaan pembangunan daerah yang lebih transparan, Pemerintah Kabupaten Bombana melakukan pemanfaatan teknologi.

Pemanfaatan teknologi tersebut yaitu berupa Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPD) sangat efektif.

Aplikasi ini digunakan oleh Bappeda Bombana untuk menginput Rencana Awal (RA) dan Rencana Kerja Daerah Kabupaten Bombana untuk tahun 2025.

Baca Juga: Amiadin Protes Soal Rencana PAW dari Kursi DPRD Bombana

Hal ini dilakukan untuk memastikan data yang akurat dalam merumuskan pembangunan terkini, memberikan akses informasi yang mudah dipahami, serta memperkuat akuntabilitas publik melalui kemudahan akses.

Selain itu, fungsi dari sistem ini adalah memfasilitasi integrasi data antar departemen terkait dan menghindari duplikasi data, juga meningkatkan konsistensi informasi rencana-rencana tersebut ke dalam platform SIPD yang canggih.

“Penggunaan SIPD dapat mengoptimalkan pengumpulan data, analisis kebutuhan, serta perincian rencana kerja yang lebih cermat,” jelas Kapala Bappeda Bombana, Husrifnah Rahim ketika ditemui di Aula kantornya, Kamis (18/1/2024).

Baca Juga: ASR Hadir di Bombana Bawa Gagasan, Janji Sejahterakan Nelayan

Pengimputan data dimulai dari Rabu (17/1/2024) di Aula Kantor Bappeda Bombana, melibatkan tim yang terdiri dari para ahli perencanaan, analis data, dan pihak terkait lainnya untuk verifikasi data yang masuk kedalam system.

“Setelah penginputan data ini selesai kami juga akan melakukan verifikasi kembali untuk mendapatkan data yang terintegrasi dan konsisten,” ungkap Kabid Perencanaan, La Bangun.

Diharapkan dengan pemanfaatan teknologi ini, Kabupaten Bombana dapat lebih efektif dalam rencana pembangunan dalam rangka mensejahterakan dan memajukan daerah. (B)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga