Pemda Alokasikan Rp 1 Miliar Kegiatan Keagamaan di Muna Barat, Termasuk Bantuan Masjid

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 06 Juli 2022
0 dilihat
Pemda Alokasikan Rp 1 Miliar Kegiatan Keagamaan di Muna Barat, Termasuk Bantuan Masjid
Pembangunan Masjid Nur Salam di Desa Lindo ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Pj Bupati Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Pemerintah Kabupaten Muna Barat mengalokasikan Rp 1 miliar untuk kegiatan keagamaan, termasuk bantuan perbaikan masjid "

MUNA BARAT, TELISIK.ID – Pemerintah Kabupaten Muna Barat mengalokasikan Rp 1 miliar untuk kegiatan keagamaan, termasuk bantuan perbaikan masjid.

Hal itu diungkapkan Pj Bupati Muna Barat, Bahri, saat meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Nur Salam di Desa Lindo, Kecamatan Wadaga.

Pada kesempatan itu, Bahri mengapresiasi masyarakat yang telah menghibahkan lahannya untuk pembangunan masjid serta secara swadaya mengumpulkan dana sebesar Rp 100 juta.

Bahri juga mengungkapkan, pemerintah daerah mendukung penuh pembangunan sarana ibadah, sebab sarana ibadah merupakan bagian hubungan antara manusia dan penciptanya.

“Saya mengapresiasi partisipasi masyarakat terhadap pembangunan masjid ini,” ungkapnya, Rabu (6/7/2022).

Ia menyebutkan, masjid adalah sarana untuk beribadah serta bagian fasilitas pelayanan publik yang wajib ada di sekitar perumahan. Yang menjadi persoalan selama ini yakni memakmurkan masjid.

"Kita bisa saja membangun masjid gagah dan indah, dengan berswadaya. Tetapi tidak ada yang memakmurkan masjid, ini menjadi persoalan utama," ungkapnya.

Baca Juga: Pejabat di Muna Barat Tak Paham Etika Birokrasi

Ia berharap masyarakat dan tokoh agama agar memakmurkan masjid dengan melaksanakan ibadah dan kegiatan keagamaan di masjid.

Diakui, kegiatan keagamaan harus didukung penuh, sebab ini bagian dari peningkatan spiritual kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Karena tadi masyarakat secara swadaya mengumpulkan Rp 100 juta, maka pemerintah juga akan mengalokasikan Rp 100 juta," tambahnya.

Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kemendagri ini juga menyebut bahwa tahun 2022, alokasi anggaran untuk bidang keagamaan seperti pembangunan sarana ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya kurang lebih Rp 1 miliar.

“Tahun ini kita anggarkan hampir Rp 1 miliar untuk kegiatan keagamaan,” ucapnya.

Baca Juga: Dinkes Buteng Keciprat DAK Rp 15 Miliar

Sehingga sejalan dengan itu, Kepala Desa Lindo, Armaya, sangat berterima kasih atas bantuan pemerintah Muna Barat.

Ia juga menyampaikan bahwa pembangunan Masjid Nur Salam ini lahannya dihibahkan oleh warga seluas 25X30 meter, sedangkan luas bangunan masjid 17X20 meter.

"Atas nama masyarakat, saya sangat berterima kasih kepada pemerintah yang telah mengalokasikan dana sebesar Rp 100 juta," tutupnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga