Pemkab Kolaka Utara Telaah Proses Hibah Lahan Stadion untuk Intens Muhammadiyah

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 14 September 2022
0 dilihat
Pemkab Kolaka Utara Telaah Proses Hibah Lahan Stadion untuk Intens Muhammadiyah
Lokasi pembangunan stadion yang akan dihibahkan oleh Pemkab Kolaka Utara untuk pembangunan kampus Intens Muhammadiyah. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) akan menelaah proses hibah lokasi pembangunan stadion untuk pembangunan gedung Institut Teknologi Sains (Intens) Muhammadiyah Kolaka Utara "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) akan menelaah proses hibah lokasi pembangunan stadion untuk pembangunan gedung Institut Teknologi Sains (Intens) Muhammadiyah Kolaka Utara.

Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kolaka Utara, Hairil Imran mengungkapkan, prinsipnya pengalihan aset tersebut bisa dilakukan. Kepastiannya, masih menunggu surat permohonan hibah dari pihak Intens Muhammadiyah.

"Jadi pihak Intens mengajukan dulu permohonan hibahnya, setelah itu baru kita telaah lebih lanjut," terangnya, Rabu (13/9/2022).

Dalam proses telaah, lanjutnya, pihaknya akan mengkaji semua perundang-undangan terkait hibah. Jika hasil telaah bisa dilakukan hibah, maka akan meneruskan permohonan persetujuan di DPRD Kolaka Utara.

"Prosesnya relatif. Mau dibilang panjang tidak juga yang penting sudah ditelaah, karena kita tidak bisa gegabah soal ini," ujarnya.

Baca Juga: Kejari Muna Buka Layanan Aduan Mafia Tanah

Lebih lanjut, pengalihan lahan dari aset daerah ke pihak swasta bisa dilakukan dan banyak daerah yang melakukan itu.

"Terlebih lagi ini untuk kepentingan pendidikan," tegasnya. 

Sebelumnya, Rektor Intens Muhammadiyah Kolaka Utara, H. Muh. Idrus, S.Sos., M.Si menyampaikan, permohonan hibah lahan untuk pembangunan gedung Intens ke Pj Bupati Kolaka Utara saat pelantikan civitas akademika Intens Muhammadiyah Kolaka Utara beberapa waktu lalu.  

"Kami sudah sampaikan secara lisan kalau bisa Pak bupati membantu kami, agar lokasi itu dihibahkan untuk pembangunan kampus Intens," imbuhnya.

Kata dia, lahan tersebut terletak di Desa Lanipa-nipa seluas 4 hektar. Lahan itu sangat strategis untuk lokasi pembangunan gedung kampus Intens.

"Kalau hibah lahan tersebut bisa terwujud, maka kami yakin kedepannya Intens Muhammadiyah akan menjadi ikon Kabupaten Kolaka Utara," bebernya.

Terkait hibah lahan, Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi, berjanji akan mengkaji terlebih dahulu dengan melibatkan pihak rektorat, Bagian Aset Daerah, Biro hukum, sekaligus meminta pendamping Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Baca Juga: BKKBN Sulawesi Tenggara Edukasi Pengasuhan Balita Cegah Stunting

"Kita akan kaji dulu. Kalau memang memungkinkan untuk kita hibahkan, kenapa tidak. Ini demi kemaslahatan masyarakat Kolaka Utara juga," tukasnya.

Menurutnya, lahan tersebut persiapan pembangunan stadion, namun setelah dilakukan studi kelayakan dianggap tidak layak.

"Berdasarkan studi kelayakan rumput tidak akan bisa tumbuh di situ karena dekat dengan pinggir laut, kemudian cuaca juga tidak mendukung kadang ekstrim,"  pungkasnya. (A)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga