Pemkab Konawe Raih Juara Dua Penyaluran Dana Desa Tahap Satu 2024

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 06 Agustus 2024
0 dilihat
Pemkab Konawe Raih Juara Dua Penyaluran Dana Desa Tahap Satu 2024
Plh Bupati Konawe, Ferdinand Sapan saat menerima penghargaan dari KPPN. Foto: Ist

" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe meraih juara dua kategori Penyaluran Dana Desa Tahap 1 Tahun 2024, yang diumumkan oleh Kementerian Keuangan RI di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), Selasa (6/8/2024) "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe meraih juara dua kategori Penyaluran Dana Desa Tahap 1 Tahun 2024, yang diumumkan oleh Kementerian Keuangan RI di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), Selasa (6/8/2024).

KPPN juga memberikan apresiasi terhadap kinerja Pemkab Konawe dalam mengelola dan menyalurkan dana desa secara efektif dan tepat waktu.

Keberhasilan ini dinilai sebagai hasil dari upaya koordinasi yang intensif antara Pemkab Konawe dengan perangkat desa, serta komitmen tinggi untuk memastikan dana desa digunakan sesuai dengan tujuan pembangunan yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Warga Unaaha Keluhkan Jalan Poros Kolaka-Kendari Tak Kunjung Diperbaiki

Pelaksana harian (Plh) Bupati Konawe, Ferdinand Sapan, mengatakan penghargaan yang diterima sebagai bentuk apresiasi Kementerian Keuangan RI atas kepatuhan dan ketepatan penyaluran dana desa dan dana alokasi khusus (DAK) tahun 2024 untuk semester satu.

“Iya tadi pagi, Kementerian Keuangan memberi apresiasi ke Pemda Konawe atas kepatuhan dan ketepatan waktu penyaluran dana desa dan DAK semester I 2024,” katanya.

Menurut Ferdinand, penghargaan yang diterima diharapkan menjadi motivasi bagi Pemkab Konawe untuk meningkatkan pengelolaan keuangan jauh lebih baik lagi, akuntabel, dan transparan.

“Sehingga ke depannya Kabupaten Konawe menargetkan bisa menjadi kabupaten yang terbaik di Sulawesi Tenggara dan bahkan terbaik nasional,” harap Ferdinand.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konawe, H.K Santoso, saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, menjelaskan Pemkab Konawe telah menunjukkan standar tinggi dalam transparansi dan akuntabilitas anggaran.

Baca Juga: Panik Akibat Kebakaran, Satu Penumpang KM Nggapulu Meninggal Dunia

Santoso pun memastikan bahwa dana yang dialokasikan benar-benar memberikan dampak positif bagi masyarakat desa.

“Penghargaan yang diberikan Kementerian Keuangan RI itu karena Pemda Konawe telah menyalurkan dana desa dan DAK fisik 2024 secara cepat dan tepat sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan,” jelasnya.

Juara pertama penyaluran dana desa tahap satu 2024 untuk Sulawesi Tenggara diberikan kepada Kabupaten  Konawe Utara, sedangkan Kabupaten Bombana di peringkat ketiga. (Adv/B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga