Pemkab Muna Bentuk Tim Investigasi Persoalan di Desa Wakumoro

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 18 Agustus 2020
0 dilihat
Pemkab Muna Bentuk Tim Investigasi Persoalan di Desa Wakumoro
Masyarakat Desa Wakumoro menuntut Plt kades dicopot. Foto: Ist.

" Plt Kades sudah tidak laik. Kami minta Pak bupati untuk segera mencopotnya. Di kampung saat ini sudah tidak kondusif. "

MUNA, TELISIK.ID - Persoalan Plt Kepala Desa (Kades) Wakumoro, Kecamatan Parigi Kabupaten Muna yang dinilai tidak menjalankan fungsi dan tugasnya sudah sampai pada titik klimaksnya.  

Warga yang kecewa sudah berulang kali melakukan penyegelan terhadap balai desa. Mereka pun berbondong-bondong mengadukan sikap acuh Plt Kades, La Salama pada Bupati Muna, LM Rusman Emba, pada Selasa (18/8/2020).

Wakil Ketua BPD Wakumoro, La Ode Hira membeberkan, selama ini, Plt kades tidak pernah berkantor. Bahkan, Plt juga terkesan malas pusing terhadap persoalan yang terjadi di kampung. Buntutnya, kondisi kampung tidak kondusif.

Bukan hanya itu, dalam pelaksanaan administrasi desa banyak terjadi kejanggalan. Di mana, Plt tidak pernah melaporkan realisasi APBDes tahun 2019 dan Laporan Kegiatan Penyelenggaran Pemerintahan Desa (LKPPDes) yang menjadi acuan lahirnya APBDes 2020.

Baca juga: Warga di Yogyakarta Tolak Wilayahnya Dijadikan Tempat Demo

"Plt Kades sudah tidak laik. Kami minta Pak bupati untuk segera mencopotnya. Di kampung saat ini sudah tidak kondusif," ungkap Hira di dampingi tokoh masyarakat dan pemuda, Selasa (18/8/2020).

Bupati Muna, LM Rusman Emba yang mendapat laporan itu, meminta warga untuk bersabar.

Sebelum, dilakukan pergantian, ia terlebih dahulu akan membentuk tim untuk melakukan investigasi terhadap persoalan yang terjadi di Wakumoro. Tim terdiri dari Asisten I, Inspektorat dan DPMD.

"Satu dua hari ini tim akan turun melakukan investigasi. Warga bersabar dan tetap menjaga Kamtibmas. Kalau ada persoalan, langsung laporkan ke saya," ujarnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga