Pemkab Muna Bentuk Tim Tertibkan Pedagang di Pasar Laino

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 08 November 2022
0 dilihat
Pemkab Muna Bentuk Tim Tertibkan Pedagang di Pasar Laino
Tim terpadu melakukan sosialisasi pada para pedagang di Pasar Sentral Laino. Foto: Sunaryo/Telisik

" Untuk menertibkan pedagang yang berjualan di luar bangunan pasar, Pemkab Muna telah membentuk tim terpadu yang terdiri dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Satpol PP, Dinas Perhubungan serta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan "

MUNA, TELISIK.ID - Semrawut dan kotor, begitulah kondisi Pasar Sentral Laino Kabupaten Muna. Pedagang berjualan hingga ke badan jalan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna tidak akan membiarkan hal itu berlarut-larut. Apalagi, bangunan kios-kios telah dibangun.

Untuk menertibkan pedagang yang berjualan di luar bangunan pasar, Pemkab Muna telah membentuk tim terpadu yang terdiri dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Satpol PP,  Dinas Perhubungan (Dishub) serta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

"Sebelum tim terpadu melakukan penertiban, akan dilakukan sosialisasi dulu kepada para pedagang," kata Sekda Muna, Eddy Uga, Selasa (8/11/2022).

Plt Kadis Perdagangan, La Ode Salindo menerangkan, selama sebulan ini mereka akan melakukan sosialisasi melalui tindakan preventif meminta para pedagang yang berjualan agar meninggalkan lokasi yang dilarang dan pindah ke tempat yang sudah ditentukan.

Baca Juga: Dua Bacakades Tak Ikut Seleksi Ulang

"Kita berikan edukasi dulu ke mereka agar dengan kemauan sendiri pindah. Karena mereka telah berjualan di tempat yang terlarang," kata Salindo.

Kadishub, La Ode Nifaki Toe mengaku, banyaknya pedagang yang berjualan di pinggir jalan sangat mengganggu arus lalu lintas yang menimbulkan kemacetan.

Baca Juga: Stunting Muna Barat Capai 364 Kasus, TP PKK Bersama Pemkab Target Turunkan Angka

"Kita juga akan tertibkan parkiran liar. Nanti kita akan kerja sama dengan pemuda-pemuda di pasar," ujarnya.

Sementara itu, Plt Kasat Pol PP, Ali Fakara Hara menegaskan, telah menyiapkan dua peleton anggotanya untuk melakukan penertiban. Dalam penertiban nantinya, mereka tidak mau ada benturan. Karenanya, para pedagang akan dibantu untuk memindahkan barang-barang dagangannya ke lokasi yang sudah ditentukan.

"Anggota sudah siap, tinggal menunggu perintah," tandasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga