Pemkab Muna Konsisten Cairkan Anggaran Pilkada

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 13 Juni 2020
0 dilihat
Pemkab Muna Konsisten Cairkan Anggaran Pilkada
Ketua KPU Muna, Kubais bersama komisioner lainnya. Foto: Sunaryo/Telisik

" Dananya masih cut off. Kita menunggu dari KPU-RI. "

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna sangat siap melaksanakan Pilkada 9 Desember mendatang. Sebagai bukti, dukungan anggaran digelontorkan pada penyelenggara Pilkada.

Di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pemkab mengalokasikan anggaran sebesar Rp 37,2 miliar yang dituangkan dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (HPHD). Untuk proses pencairannya pun sangat dipermudah.

Kubais, Ketua KPU Muna menyampaikan apresiasi pada Pemkab yang sangat konsisten dalam mencairkan kebutuhan anggaran Pilkada. Dari total anggaran Rp 37,2 miliar, yang sudah ditransfer sekitar 90 persen.  

"Untuk di Sultra, baru Muna yang tepat waktu dalam proses pencairan anggaran dan itu sangat diapresiasi," kata Kubais.

Saat ini, sisa anggaran yang belum ditransfer Pemkab sekitar kurang lebih Rp 3 miliar. Dari anggaran yang sudah ditransfer itu juga, tidak semuanya dicairkan. Hal tersebut dikarenakan, terhentinya tahapan akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: Era New Normal, DPM-PTSP Harap Pelaku Usaha Juga Kembali Normal

"Dananya masih cut off. Kita menunggu dari KPU-RI," sebutnya.  

Dari total anggaran Rp 37,2 miliar itu juga setelah dilakukan rasionalisasi akibat pandemi COVID-19 terdapat selisih kurang lebih sebesar Rp 3,1 miliar dari dana kampanye, perjalanan dinas dan debat kandidat.

"Selisih itu, kita siasati untuk menutupi biaya tambahan TPS dan honor badan adhock," timpalnya.  

Pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi COVID-19 akan membutuhkan tambahan anggaran. Utamanya Alat Pelindung Diri (APD) para penyelenggara, rapid test dan termometer gun (alat pengukur suhu tubuh). Bila dihitung mencapai Rp 5 miliar. Namun, siapa nantinya yang akan mengadakan barang itu, tergantung dari pusat.

"Kami tinggal menunggu saja. Prinsipnya, setelah kami lakukan koordinasi, Pemkab siap," tukasnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga