Penanganan Inflasi Daerah Capai 80 Persen

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 15 Desember 2022
0 dilihat
Penanganan Inflasi Daerah Capai 80 Persen
Pasar murah bagi warga kawasan Desa Tondasi, Kecamatan Tiworo Utara, Muna Barat, yang digelar untuk menekan inflasi. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Kabupaten Muna Barat menganggarkan Rp 16 miliar dalam merealisasikan enam upaya konkrit menangani laju inflasi "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Fokus pada penanganan inflasi, Kabupaten Muna Barat menganggarkan Rp 16 miliar dalam merealisasikan enam upaya konkrit menangani laju inflasi dari presiden RI.

Pemerintah daerah terus berupaya dalam menangani laju inflasi, dan di Muna Barat saat ini telah mencapai 80 persen.

Penjabat Bupati Muna Barat, Dr. Bahri mengatakan, enam upaya konkrit yang diinstruksikan Presiden Jokowi bagi tiap daerah, yaitu menggelar operasi pasar murah, sidak pasar dan distributor barang, kerja sama dengan penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan pangan.

"Untuk sidak pasar dan pasar murah telah dilaksanakan," ungkap Bahri, Kamis (15/12/2022).

Selain itu, telah dilakukan pula gerakan menanam bahan pangan pada lahan tidur dan pekarangan, distribusi BTT, dan pemberian bantuan biaya jasa transportasi baik di darat maupun di wilayah laut.

Baca Juga: Calon Anggota PPS Harus Perhatikan Syarat Ini

Untuk itu, pemerintah daerah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 16 miliar, dan ini termasuk dana terbesar dalam penganggaran penanganan inflasi daerah dibandingkan dengan daerah lain yang ada di Sulawesi Tenggara.

"Untuk operasi pasar murah dianggarkan kurang lebih Rp 1 miliar," pungkasnya.

Baca Juga: 165 PPK Muna dan Muna Barat Dilantik 4 Januari

Dalam data realisasi penanganan inflasi daerah, pemerintah Kabupaten Muna Barat telah mencapai 80 persen dalam penyaluran bantuan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, La Ode Aka mengatakan, saat ini penanganan inflasi daerah telah mencapai 80 persen hampir mencapai 90 persen, sebab ada beberapa desa dalam satu kecamatan belum merasakan pasar murah.

"Maka nanti akan diadakan lagi pasar murah untuk seluruh wilayah Muna Barat dan wilayah pesisir," ujarnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

Kutipan

Artikel Terkait
Baca Juga