Pengabdian Masyarakat, FPt UHO Kendari Bimbing Peternak Ayam Lokal Unggul

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 22 Desember 2023
0 dilihat
Pengabdian Masyarakat, FPt UHO Kendari Bimbing Peternak Ayam Lokal Unggul
Guna memberikan penguatan kepada peternak di Sulawesi Tenggara, FPt UHO Kendari melakukan implementasi program PKM. Foto: Ist.

" Guna memberi penguatan kepada peternak di Sulawesi Tenggara, Fakultas Peternakan (FPt), Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari mengambil langkah konkret "

KENDARI, TELISIK.ID - Guna memberi penguatan kepada peternak di Sulawesi Tenggara, Fakultas Peternakan (FPt), Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari mengambil langkah konkret.

Langkah konkret yang dilakukan di antaranya melalui implementasi program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) setiap tahun. Dekan FPt UHO Kendari, Ali Bain mengungkapkan, salah satu program PKM yang dilaksanakan pada tahun ini adalah program PKM terintegrasi PKL membangun desa (PKM-MD) sebanyak 8 tim, di antaranya dilakukan di Desa Alebo, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan dengan topik bimbingan teknis pemeliharaan ayam lokal unggul pada kelompok peternak ayam Kampung Lawero.

Menurut Ketua Tim PKM-MD FPE UHO Kendari, Deki Zulkarnain, di Desa Alebo tim PKM-MD ini terdiri dari 4 orang dosen FPt UHO, 1 orang dosen Fakultas Pertanian UHO dan 1 orang dosen Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Terbuka, Kendari. Dalam pengabdian ini juga melibatkan 5 orang mahasiswa FPt UHO.

Baca Juga: Pelatihan TMT BBPVP Makassar di Kolaka Timur Resmi Berakhir

Ketua Program Studi S2 Peternakan FPt UHO ini lebih lanjut mengatakan, tujuan akhir dari program PKM-MD ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilam peternak, sehingga dapat menstimulasi pengembangan potensi ekonomi produktif di pedesaan, khususnya pada usaha peternakan ayam lokal unggul penghasil daging dan telur.

Beberapa aspek teknis pemeliharaan yang diajarkan kepada peternak, yaitu teknik penyusunan dan formulasi pakan menggunakan bahan baku lokal, teknik pembibitan menggunakan mesin tetas otomatis, dan teknik pembesaran DOC (day old chicken) ayam lokal unggul pedaging sampai umur potong.

Anggota tim PKM-MD FPt UHO, Muh Rusdin menjelaskan, ayam lokal unggul adalah ayam kampung yang telah melalui proses seleksi genetik selama beberapa generasi dan dihasilkan dari perkawinan silang beberapa galur ayam unggul yang memiliki sifat-sifat ekonomi penting.

Sifat ekonomi penting tersebut seperti pertubuhan cepat dan produktivitas telur yang tinggi, serta tahan terhadap penyakit di bandingkan ayam kampung pada umumnya. Ahli pemuliaan ternak alumni IPB University ini lebih lanjut mengatakan, potensi dan peluang pengebangan usaha ayam lokal unggul di Sulawesi Tenggara cukup besar.

Salah satu indikatornya, adalah permintaan daging dan telur ayam lokal unggul dalam beberapa tahun terakhir, khususnya di Kota Kendari cenderung mengalami peningkatan.

Baca Juga: Dinkes Sulawesi Tenggara Gelar Aksi Bergizi di Kolaka Utara, Upaya Peningkatan Gizi dan Cegah Anemia

Beberapa galur ayam lokal unggul yang saat ini telah berkembang di berbagai daerah di Indonesia termasuk di Sulawesi Tenggara seperti yang ada di Desa Alebo, Kecamatan Konda, Konawe Selatan adalah ayam KUB (Kampung Unggul Balitbangtan), ayam SenSi (Sentul Terseleksi Agrinak), ayam Senkub (persilangan SenSi x KUB), ayam KS (Kampung Super), ayam Ulu (Unggul Lestari Unggul) dan ayam Elba (Lala Batikan).

Bimbingan teknis pemeliharaan ayam lokal unggul di Desa Alebo berlangsung pada 9 Desember 2023 yang diikuti sekitar 15 orang peternak. Bimbingan teknis ini dilakukan melalui metode ceramah yang dilanjutkan dengan diskusi kelompok dan metode demerstrasi teknis pemeliharaan atau sekolah lapang di unit perkandangan ayam lokal unggul milik Nasrun di Desa Alobo.

Anggota kelompok peternakan ayam Kampung Lawero, Nasrun yang menyambut antusias kegiatan bimbingan teknis ini mengatakan, bimbingan teknis pemeliharaan ayam lokal unggul ini sangat bermanfaat bagi kami peternak, ke depan kegiatan pengabdian seperti ini agar bisa dilakukan lagi. (A-Adv)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga