Pengunjung Kerap Ambil Tanaman di Kebun Raya Kendari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 26 Juni 2021
0 dilihat
Pengunjung Kerap Ambil Tanaman di Kebun Raya Kendari
Salah satu lokasi di taman Kebun Raya Kota Kendari. Foto: dok. Telisik

" Taman yang dikelola di Kebun Raya Kota Kendari menjadi salah satu daya tarik para pengunjung. "

KENDARI, TELISIK.ID - Taman yang dikelola di Kebun Raya Kota Kendari menjadi salah satu daya tarik para pengunjung.

Di taman tersebut, pihak pengelola Kebun Raya menanam berbagai jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai obat-obatan.

Namun, seiring berjalannya waktu, ada saja para pengunjung yang mengambil tanpa izin tanaman yang ada di taman Kebun Raya Kota Kendari ini.

Hal tersebut diungkapkan Kepala UPTD Kebun Raya Kota Kendari, Irawan SP. Menurutnya, tanaman di taman Kebun Raya ini awalnya ada 20 jenis tanaman. Namun saat ini, yang tersisa hanya sekitar 16 jenis tanaman.

"Dari 20 jenis tanaman, sekarang ini yang tersisa tinggal sekitar 16 tanaman. Ini dikarenakan ada saja pengunjung Kebun Raya yang datang di tempat ini lalu memetik atau mengambil bunga dan mencuri sehingga mengakibatkan tanaman tersebut mati," katanya, belum lama ini.

Baca juga: Tanaman Obat Ada di Taman Kebun Raya Kendari

Baca juga: Munas Kadin, Mata Dunia Tertuju pada Kota Kendari

Atas kejadian tersebut, pihak pengelola Kebun Raya sangat menyayangkan. Pasalnya, para pengunjung harusnya ikut melestarikan tanaman yang ada di taman, bukan malah mengambilnya.

"Harapan saya kepada pengunjung Kebun Raya agar menjaga kelestarian tanaman di taman ini. Supaya bisa diketahui orang banyak dan bisa dimanfaatkan bagi orang yang memang membutuhkan tanaman obat ini," harapnya.

Sebelumnya, Irawan juga mengimbau warga masyarakat Kendari dan sekitarnya yang berkunjung agar diharap menjaga kebersihan di lokasi wisata ini.

Hal tersebut disampaikan karena selama ini masih ada pengunjung yang masih tidak peduli terhadap kebersihan sampah.

"Harapannya agar tertib membuang sampah, karena selama ini pengunjung membuang sampah di luar dari tempat yang sudah disediakan. Maka kepada seluruh pengunjung Kebun Raya untuk tetap memperhatikan kebersihan," pungkasnya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Baca Juga