Peran Perguruan Tinggi Ciptakan Pemilu Damai 2024

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 09 Agustus 2023
0 dilihat
Peran Perguruan Tinggi Ciptakan Pemilu Damai 2024
Ketua KPU, Asril, dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara jadi pembicara di seminar akademi Universitas Terbuka. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Pemilu 2024 tak lama lagi diselenggarakan. Semua pihak bersiap menghadapi pesta demokrasi tersebut, tak terkecuali perguruan tinggi "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemilu 2024 tak lama lagi diselenggarakan. Semua pihak bersiap menghadapi pesta demokrasi tersebut, tak terkecuali perguruan tinggi.

Meski tak bersentuhan langsung dengan unsur masyarakat, perguruan tinggi juga punya peran vital dalam menciptakan pemilu aman damai. Hal tersebut dikatakan Rektor Universitas Terbuka, Ojat Darojat.

Perguruan tinggi punya peran mencerdaskan bangsa, termasuk mengedukasi bagaimana menghadapi pemilu dengan pikiran terbuka dan supportif.

Baca Juga: Dialog Kerukunan Lintas Generasi, Lukman Abunawas: Tetap Jaga Kerukunan Jelang Pemilu 2024

"Tanpa pendidikan yang bagus mudah untuk diadu domba, ketika punya pendidikan yang tinggi mindsetnya bisa diubah dan punya wawasan kebangsaan yang bagus," jelasnya pada seminar akademik wisuda tahap 1 tahun 2023 Universitas Terbuka Kendari, Rabu (9/8/2023).  

Tempat sama, Ketua KPU Sulawesi Tenggara, Asril membeber lima strategi tahap Pemilu 2024 mendatang. Kelima strategi tersebut antara lain:

1. Memperkuat kerjasama antar lembaga dan instansi.

2. Memperkuat penggunaan teknologi informasi dalam setiap tahapan pemilu dan pemilihan.

3. Menyusun tahapan pemilu dan pemilihan dengan memperhatikan implikasi tahapan yang beririsan.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024 Kerukunan Umat Beragama Terus Ditingkatkan

4. Mengoptimalkan kapasitas dan manajemen SDM.

5. Mengoptimalkan anggaran di setiap tahapan pemilu dan pemilihan.

Asril sendiri diundang menjadi pembicara bersama Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas dalam seminar yang bertajuk perguruan tinggi dan pemilu damai tahun 2024 yang diselenggarakan Univeristas Terbuka (UT).

Seminar tersebut merupakan rangkaian acara wisuda UT yang dihadiri 595 wisudawan dari 13 kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga