Peringati HUT ke-43, Satpam Gelar Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 30 Desember 2023
0 dilihat
Peringati HUT ke-43, Satpam Gelar Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan
ABUJAPI dan APSI gelar tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Watubangga dalam rangka peringati HUT Satpam ke-43. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Dalam rangka HUT Satpam ke-43, Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) wilayah BPD Sulawesi Tenggara bersama Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) melaksanakan kegiatan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Watubangga "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam ke-43, Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) wilayah BPD Sulawesi Tenggara bersama Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) melaksanakan kegiatan Tabur Bunga  di Taman Makam Pahlawan Watubangga di Jalan Kapten Piere Tendean, Sabtu (30/12/2023).

Kegiatan ini diawali dengan upacara penghormatan, hening cipta serta pemberian karangan bunga di tugu Taman Makam Pahlawan, dan dilanjutkan tabur bunga  ke makam para pahlawan, hingga foto bersama. Kasubdit Satpam dan Polsus Binmas Polda Sulawesi Tenggara, AKBP Karjono Liwang mengatakan, kegiatan ini untuk mengingat jasa para pahlawan yang sudah mempertaruhkan nyawa demi kemerdekaan RI.

"Ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan perayaan HUT Satpam ke-43 tahun 2023 salah satunya tabur bunga di makam para pahlawan agar para Satpam dapat mengenang jasa pahlawan yang sangat berjasa," bebernya, Sabtu (30/12/2023).

Ia berharap Satpam bisa diterima dengan baik di masyarakat dan semakin meningkatkan kinerja serta menjaga ketertiban di wilayahnya masing-masing. Senada, Ketua umum BPD ABUJAPI Sulawesi Tenggara, Den Ayu Kanem Khaltsum mengatakan, tahun ini merupakan tahun politik yang mana kinerja Satpam adalah menjaga keamanan di wilayah masing-masing.

Baca Juga: Sulawesi Tenggara Catat 50 Kasus Kematian Akibat HIV/AIDS, Ini Penyebabnya

"Tahun ini adalah tahun politik, sebagai tema hari ini Satpam Tangguh Mendukung Pemilu yang Aman dan Damai," ujarnya.

Ia berharap Satpam bisa membantu turut serta dalam menjaga keamanan di pesta demokrasi pada pemilu mendatang. Kegiatan tabur bunga  ini merupakan serangkaian kegiatan peringatan HUT Satpam ke-43 Tahun 2023 sesuai TR dari Kabaharkam Mabes Polri dan diharapkan Satpam bisa mencontoh teladan, sikap kesatria, dan tangguh dari para pahlawan.

Baca Juga: Polda Sulawesi Tenggara Ungkap 4.602 Kasus, Selamatkan Uang Negara Rp 6,1 Miliar

Tugas Satpam dalam turut menjaga keamanan Pemilu 2024 mendatang, yaitu dengan bertugas secara maksimal di tempat tugasnya masing-masing, tidak ikut terpancing jika ada orasi yang berkaitan dengan politik, tetap menjalankan perintah pimpinan.

Peran Satpam dalam mengawal Pemilu 2024 adalah menjadi Bank Data bagi pemangku kepentingan keamanan yang fungsinya adalah memberikan informasi dan melakukan pencegahan potensial ancaman saat pemilu akan berlangsung serta dapat membantu dan menjaga lingkungan yang terdapat TPS di wilayah kerja mereka, sehingga pemilu dapat berlangsung dengan aman dan lebih tenang. (B-Adv)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga