Perusda Merugi, Legislator Sulawesi Tenggara: Bubarkan Saja

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Sabtu, 16 Juli 2022
0 dilihat
Perusda Merugi, Legislator Sulawesi Tenggara: Bubarkan Saja
Perusda percetakan Sulawesi Tenggara yang ditutup akibat terus merugi dan menjadi beban APBD hingga miliaran rupiah. Foto : Dokumentasi Telisik

" Perusahaan Daerah (Perusda) menjadi salah satu aset besar yang menopang pendapatan daerah. Namun nyatanya, sejauh ini ada beberapa Perusda yang justru malah merugi, bahkan menjadi beban Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) "

KENDARI, TELISIK.ID - Perusahaan Daerah (Perusda) menjadi salah satu aset besar yang menopang pendapatan daerah. Namun nyatanya, sejauh ini ada beberapa Perusda yang justru malah merugi, bahkan menjadi beban Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD).

Salah satunya perusahaan percetakan daerah, yang telah dibubarkan tahun lalu, karena terus mengalami kerugian hingga mencapai Rp 4 miliar lebih.

Anggota Komisi I DPRD Sulawesi Tenggara, Bustam mengtakan, Perusda seharusnya menjadi sumber pendapatan besar dan wajib memberikan pemasukan terhadap APBD, karena itu merupakan tugas Perusda.

"Memang jika kita lihat Perusda ini pemasukannya pasang surut artinya tidak setabil, bahkan ada beberapa yang mengalami kerugian, sampai harus ditutup. Ini sebenarnya menjadi sebuah problem, bagaimana Perusda harus bisa konsisten, untuk bisa memberikan penghasilan atau pemasukan terhadap keugan daerah," ungkapnya, Sabtu (16/7/2022).

Pemerintah harus jelih melihat, bagaimana progres dari Perusda yang ada, apakah memberikan pemasukan atau tidak. Karena ini yang selalu menjadi problem, mengenai produktifitas dari Perusda.

Jika sudah tidak memberikan pemasukan atau bahkan merugikan APBD, seharusnya kata Bustam, lansung diberikan tindakan, dalam hal ini diberhentikan sementara atau paling fatal langsung dibubarkan, jika hanya mendatangkan kerugian.

Baca Juga: Warga Kelurahan Bende Terima Paket Sembako dari Heart Of Hope Community

"Kalau Perusda hanya menambah beban daerah. Seperti perusahaan percetakan daerah, yang sangat membebani APBD, sampai miliaran rupiah. Inikan seharusnya jadi contoh, bagaimana pemerintah dalam mengelolah Perusda dengan baik, sehingga bisa menjadi sumber pendapatan utama APBD," katanya.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Sulawesi Tenggara, Samsul Ibrahim mengungkapkan, Perusda menjadi sebuah aset penting bagi daerah, yang di mana bisa memberikan sebuah dampak besar terhadap pengembangan khususnya bidang ekonomi.

Baca Juga: Kasus HIV di Sulawesi Tenggara 159, Terbanyak di Kota Kendari

"Pastinya pemerintah dan seluruh elemen harus betul-betul bisa membantu mengembangkan berbagai Persuda yang ada. Karena itu menjadi salah satu bentuk, dukungan dan bantuan kita untuk meningkatkan APBD demi memajukan daerah menjadi lebih maju dan berkualitas," ujarnya. (B)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga