Pesona Danau Anano Tei, Destinasi Wisata dengan Perpaduan Hutan Bakau

Mutarfin, telisik indonesia
Minggu, 09 Oktober 2022
0 dilihat
Pesona Danau Anano Tei, Destinasi Wisata dengan Perpaduan Hutan Bakau
Danau Anano Tei yang terletak di Desa Gumanano, Kabupaten Buton Tengah. Foto: Mutarfin/Telisik

" Tempat wisata ini sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin mengabadikan momen bersama keluarga atau kerabat dalam bentuk foto "

BUTON TENGAH, TELISIK. ID - Buton Tengah memiliki banyak destinasi wisata alam yang mengagumkan. Salah satunya adalah Danau Anano Tei. Keindahan danau ini terletak pada hutan bakau yang menghiasi sudut-sudutnya.

Nama Anano Tei sendiri diambil dari bahasa setempat yang berarti “anaknya pantai”. Berbeda dengan danau lain, Danau Anano Tei memiliki air yang asin. Pasalnya, lokasi danau ini berdekatan dengan laut. 

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton Tengah, Usman Mbolosi menjelaskan, tempat wisata ini sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin mengabadikan momen bersama keluarga atau kerabat dalam bentuk foto.

Sejak tahun 2019, pemerintah Kabupaten Buton Tengah telah mengembangkan tempat ini menjadi objek wisata yang indah dengan adanya berbagai terobosan yang dilakukan.

Salah satu sudut danau yang telah dilengkapi gazebo, tempat para wisatawan menikmati indahnya Danau Anano Tei. Foto: Mutarfin/Telisik

 

"Salah satunya, berbagai sarana prasarana wisata yang dipercantik, adanya aplikasi travelbuteng.id guna lebih mempermudah para wisatawan melihat destinasi unggulan apa saja yang ada di Buton tengah," ungkapnya, Minggu (9/10/2022).  

Baca Juga: Tempat Nongkrong Ini Ramai Dikunjungi Muda-Mudi Kota Kendari

Pengunjung Danau Anano Tei, Marwan mengatakan, tempat wisata ini memiliki keunggulan dibanding destinasi lainnya.

"Di tempat ini, kita bisa menikmati semilir angin yang berhembus sembari menikmati indahnya pemandangan ataupun sekedar berleha-leha di gazebo yang berada di sekitaran danau," ujarnya.

Baca Juga: Objek Wisata Alam Sorombipi yang Terlupakan

Dia mengaku sering ke Danau Anano Tei karena bisa sekaligus mengunjungi dua tempat wisata yang jaraknya berdekatan yaitu Danau Anano Tei dan Pantai Mutiara.

Selain itu, pengunjung dapat menjelajahi berbagai sudut jembatan dan berfoto dengan latar terbaik. Bisa berfoto dengan latar danau, pohon, hutan mangrove ataupun bukit yang sangat indah.

Danau Anano Tei terletak di Desa Gumanao, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah. Untuk masuk ke destinasi ini hanya cukup membayar biaya parkir Rp 8.000 untuk motor dan Rp 15.000 untuk mobil. (B)

Penulis: Mutarfin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga