Petani di Kabupaten Bombana Mulai Gunakan Pompa Air Konversi BBM ke BBG untuk Sawah

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Selasa, 24 Oktober 2023
0 dilihat
Petani di Kabupaten Bombana Mulai Gunakan Pompa Air Konversi BBM ke BBG untuk Sawah
Penyerahan bantuan pompa air konversi BBM ke BBG bagu petani di Desa Teppo, Kecamatan Poleang Timur, Kabupaten Bombana. Foto: Melsandy Wauda/Telisik

" Distribusi alat pompa air konversi BBM ke BBG atau bahan bakar gas bagi masyarakat, khususnya petani penerima manfaat kembali dilaksanakan di Desa Teppo, Kecamatan Poleang Timur, Kabupaten Bombana "

BOMBANA, TELISIK.ID - Distribusi alat pompa air konversi BBM ke BBG atau bahan bakar gas bagi masyarakat, khususnya petani penerima manfaat kembali dilaksanakan di Desa Teppo, Kecamatan Poleang Timur, Kabupaten Bombana, Selasa (24/10/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Pemda Bombana berserta jajarannya, anggota DPRD setempat, anggota Komisi VII DPR RI, Rusda Mahmud, perwakilan dari Migas RI, camat, kepala desa, serta para petani penerima bantuan.

Daerah Bombana adalah salah satu dari 4 daerah penghasil produksi padi di Sulawesi Tenggara dan masih sangat membutuhkan sarana prasarana yang memadai. Dengan adanya program paket mesin pompa air konversi BBM ke BBG sangat membantu meningkatkan produksi pertanian.

Baca Juga: Pj Bupati Bombana Mangkir Pemeriksaan Kejati Sulawesi Tenggara Soal Pembanguan Jembatan Cirauci Buton Utara

Pemda Bombana bekerja sama dengan Dinas Pertanian menyalurkan bantuan untuk masyarakat di desa tersebut dalam pencegahan inflasi karena musim kemarau, sehingga membuat menurunnya hasil panen.

Kadis Pertanian Bombana, Siarah mengatakan, kegiatan ini sangat penting dan strategis, karena kondisi kekeringan yang melanda maka sangat membantu untuk pengairan sawah.

Penggunaan alat pompa air konversi BBM ke BBG ini sangat membantu petani, karena menghemat biaya jika di bandingkan dengan penggunaan bensin dan juga ini adalah salah satu program pemerintah mengirit biaya operasional sebanyak 50%.

Baca Juga: Musim Kemarau Berkepanjangan, Masyarakat Bombana Salat Istisqa

“Potensi luas lahan pertanian berdasarkan data tahun 2021 tercatat pada dinas seluas 13.372 hektare yang menyumbang gabah kering sebanyak 78.641 ton,” kata Assisten 1 Pemda Nombana, Abdurahman.

Aspirasi oleh komisi VII DPR RI, Rusda Mahmud atas perjuangan yang besar dari pemerintah daerah untuk mewujudkan dalam mensejahterakan masyarakat, khususnya di Bombana

“Pak Pj bupati sering bicara dengan saya kalau ada rapat di pusat. Bukan cuma mesin pompa air, tapi juga pengadaaan bantuan listrik di Kabaena, lampu jalan dan pengadaan rice cooker,” beber Rusda Mahmud. (A)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga