Petugas Kebersihan Mengeluh Warga Sering Buang Sampah di Drainase

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 09 Juli 2021
0 dilihat
Petugas Kebersihan Mengeluh Warga Sering Buang Sampah di Drainase
Sampah yang berhamburan di drainase di Bypass Kota Kendari. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Salah satu yang membuat pekerjaan para petugas pengangkut sampah terhambat adalah sampah yang dibuang di drainase. "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu yang membuat pekerjaan para petugas pengangkut sampah terhambat adalah sampah yang dibuang di drainase.

Salah seorang sopir armada pengangkut sampah, Amsar mengatakan, sudah menjadi kewajiban para petugas kebersihan untuk mengangkut sampah masyarakat dari bak sampah atau tempat pembuangan sampah (TPS).

Namun, yang biasa yang dikeluhkan adalah masih banyak warga yang sesukanya membuang sampah. Sampah tidak dibuang tepat dalam TPS, tapi di drainase.

"Terkadang tempat sampah berdekatan dengan drainase dan ada yang buang sampah di drainase itu. Nah, itu yang menjadi kesulitan kita untuk mengangkut sampah," katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Olehnya itu, Amsar mengharapkan warga masyarakat agar dapat membantu tugas dari para petugas kebersihan yaitu cukup dengan membuang sampah pada tempatnya.

"Namanya sampah sudah menjadi kewajiban kami. Hanya memang kami sangat terbantu kalau masyarakat membuang sampah pada tempatnya," harapnya.

Baca juga: Pedagang Kaki Lima di Pinggiran Kendari Beach Dibubarkan Polisi

Baca juga: Update 8 Juli: 135 Kasus Baru COVID-19 di Sultra, Kendari Tertinggi

Selain membuang sampah pada tempatnya, warga masyarakat juga diharap dapat membuang sampah sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Kendari.

Pengaturan membuang sampah tersebut juga sudah sering disosialisasikan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari. Dimana, jadwal membuang sampah itu yakni dari pukul 18.00 sampai 05.00 pagi.

"Sudah ada jadwal membuang sampah yaitu dari jam 5 sore sampai jam 6 pagi," ujar Kabid Persampahan dan Pengelolaan Limbah B3 DLHK Kendari, Zulkarnaim.

Dengan mengikuti jadwal buang sampah yang telah ditetapkan ini, tambah Zulkarnaim, maka itu dapat meminimalisir kota terlihat kumuh.

Senada dengan itu, Kepala DLHK Kendari, Nismawati menegaskan bahwa menjaga kebersihan lingkungan agar Kota Kendari tidak terlihat kumuh bukan hanya tugas pemerintah saja, tapi juga tugas semua pihak dan masyarakat.

"Kami harap semua pihak dapat aktif menjaga lingkungan. Setidaknya dengan membuang sampah pada tempatnya dan pada waktunya," harapnya. (A-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga