Pj Bupati Bombana Hadiri Upacara Peringatan Hari Otoda

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Jumat, 31 Mei 2024
0 dilihat
Pj Bupati Bombana Hadiri Upacara Peringatan Hari Otoda
Pj Bupati Bombana Edy Suharmanto, menghadiri upacara peringatan hari Otoda. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten Bombana menghadiri peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) yang ke XXVII, diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Tahun 2024, di Jakarta "

BOMBANA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Bombana memperingati Hari Otonomi Daerah (Otoda) yang ke XXVII, diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Tahun 2024, di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Tema peringatan ini adalah "Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat".

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Tito Karnavian ini diikuti oleh Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto bersama dengan para gubernur, bupati dan wali kota seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Tito Karnavian mengatakan bahwa dalam 28 tahun, otonomi daerah telah memberikan dampak positif berupa meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan fisikal daerah.  

Baca Juga: Kader PKK Bombana Meriahkan Parade Nusantara di Jambore PKK Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara

“Daerah otonom yang baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya agar dapat dimanfaatkan untuk program pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” tutur Mendagri, Tito Karnavian.

Selain itu Mendagri juga berharap agar ke depannya lebih meningkatkan konektivitas serta akses infrastruktur yang lebih baik. Tito Karnavian mengimbau agara daerah-daerah yang kemampuan PAD dan fiskalnya baik tetapi IPM masih rendah, angka kemiskinan masih cukup tinggi dan akses infrastruktur belum baik untuk melakukan evaluasi.

Baca Juga: Pj Bupati Bombana Edy Suharmanto Lepas Rombongan Pawai Takbiran di Malam Idul Fitri

“Hal ini untuk memastikan bahwa penyusunan program dan kegiatan dalam APBD agar tepat sasaran, efektif serta efisien,” ungkap Tito Karnavian.

Ke depannya Mendagri mengimbau bagi daerah-daerah yang masih rendah PAD agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan PAD tanpa melanggar hukum dan norma yang ada serta tidak memberatkan rakyat. (C-Adv)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga