Pj Bupati Konawe Dorong Kemajuan Daerah dari Sektor Perkebunan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 11 Desember 2023
0 dilihat
Pj Bupati Konawe Dorong Kemajuan Daerah dari Sektor Perkebunan
Pj Bupati Konawe dorong kemajuan daerah sektor perkebunan, khususnya kelapa sawit. Foto: Ist.

" Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, dorong kemajuan daerah dari sektor perkebunan dan telah merancang konsep pembangunan perkebunan pada tahun 2024 mendatang "

KONAWE, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, dorong kemajuan daerah dari sektor perkebunan dan telah merancang konsep pembangunan perkebunan pada tahun 2024 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Harmin saat melakukan kunjungan kerja (kunker) di PT Tani Prima Makmur, di Kecamatan Anggaberi, Senin (11/12/2023).

Harmin di hadapan petinggi perusahaan dan para tenaga kerja menyampaikan, Pemerintah Kabupaten bakal memajukan bidang perkebunan, seperti tanaman sawit.

Lanjut Harmin Ramba, komoditi sawit saat ini merupakan salah satu komoditi andalan di Kabupaten Konawe.

Baca Juga: Mobil Dinas Milik Kadis Kesehatan Konawe Terlibat Kecelakaan

Harmin Ramba juga berterima kasih kepada pihak perusahaan yang telah membuka lapangan kerja seluas-luasnya untuk masyarakat lokal.

"Sebenarnya, tadi saya mau tekankan kepada pihak perusahaan agar perekrutan tenaga kerja mengutamakan tenaga kerja lokal. Tetapi tadi sudah disampaikan bahwa sudah 98 persen tenaga kerja lokal dan itu sudah maksimal," ujarnya.

Baca Juga: Dikbud Konawe Daftarkan Sejumlah Objek Cagar Budaya ke TACB

Harmin pun memberikan opsi kepada pihak perusahaan, untuk mengembangkan produksi sawit hingga ke Kecamatan Latoma, sebab ada ribuan hektare lahan tidur yang bisa dimanfaatkan untuk komoditi sawit dan padi.

Tempat sama, Direktur Operasional PT TPM, Mei Ekaminsa menyampaikan, saat ini telah tertanam kelapa sawit dengan luas 6.577 Ha, 43 persen kemitraan dan satu pabrik pengolahan kelapa sawit dengan kapasitas 45 ton/jam serta telah memperkerjakan 1.533 tenaga kerja yang 98 persen adalah masyarakat lokal.

Lanjutnya, PT TPM juga membuka kesempatan kepada siswa maupun mahasiswa untuk melakukan penelitian atau magang, baik karya ilmiah maupun skripsi sarjana.

"Bahkan kami telah melakukan MoU dengan Universitas Lakidende, jadi sudah sepantasnya kami menjadi bagian untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Konawe," kata Mei Ekaminsa. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga